Debat Perdana Pilgub Kaltara 9 Oktober di Tarakan Convention Center

benuanta.co.id, TARAKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara (Kaltara) mempersiapkan agenda debat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara. Dalam waktu dekat, ketiga Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur akan beradu argumen di Gedung Tarakan Convention Center (TCC) pada 9 Oktober 2024 mendatang.

Anggota KPU Kaltara Divisi Partisipasi Masyarakat dan Humas, Chairullizza mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi bersama para Paslon dan tim pengamanan.

“Itu sudah kita bicarakan, termasuk berapa banyak massa yang bisa masuk nantinya,” katanya saat dikonfirmasi, Ahad (6/10/2024).

Ia mengharapkan, nantinya semua pihak dapat menghormati keputusan mekanisme debat yang sudah diatur oleh KPU Kaltara. Sehingga pelaksanaan debat nantinya dapat berjalan dengan baik.

Menurut pria yang akrab disapa Rulli ini, terdapat hal yang perlu diantisipasi, salah satunya membludaknya massa di lokasi pelaksanaan debat. Dikhawatirkan akan terdapat situasi yang tidak kondusif ketika massa berkumpul di lokasi debat.

Baca Juga :  Prabowo Bertekad Hilangkan Kemiskinan di Indonesia Dengan Hilirisasi

“Debat inikan kita siarkan juga di TV nasional, harapan KPU masyarakat itu bisa menyaksikan melalui TV di rumah. Jadi tidak berbondong-bondong ke lokasi yang secara politis akan menimbulkan resistensi ketika ada pertemuan massa. Jadi saran saya pendukung bisa menonton di posko masing-masing atau di rumah masing-masing,” bebernya.

Dilanjutkannya, pihaknya juga sudah menentukan pihak mana saja yang boleh memasuki lokasi debat. Sejauh ini, pihaknya menentukan yang diperkenankan masuk ke lokasi berasal dari pihak para Paslon saja. Pihaknya juga akan memberikan tanda berupa gelang ber barcode atau id card untuk akses masuk ke ruangan debat.

Baca Juga :  DPR: Herindra Rencana Dilantik jadi Kepala BIN saat Pelantikan Menteri

“Kemarin kita sepakati per Paslon 50 orang, tapi hasil koordinasi akhir diminta 75 orang tapi itu belum kita putuskan ya. Kita juga melihat situasi tempat di sana,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan debat Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur kali ini terdapat 3 jadwal debat. Pertama dilakukan di Kota Tarakan, kedua di Jakarta dan ketiga di Kabupaten Bulungan.

“Kalau di Jakarta kita jadwalkan tanggal 20an. Yang pasti tanggal 9 ini di Tarakan,” tutup Rulli.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltara, Rustam Akif menyebut nantinya akan ada pengawasan secara melekat dalam pelaksanaan debat tersebut.

Baca Juga :  Sri Mulyani Pastikan dia Ditugaskan Kembali Jabat Menkeu oleh Prabowo

“Audiensi yang dihadirkan KPU kita kita awasi melekat, jangan sampai berpihak begitu,” sebutnya.

Bawaslu Kaltara juga mengawasi mekanisme jalannya debat nanti. Termasuk mencegah bocornya tema dan soal yang akan menjadi ajang bagi para Paslon menunjukkan retorika politiknya sebagai calon kepala daerah.

“Kita sudah koordinasi ke KPU, melalui masing-masing divisi. Yang pasti semuanya koordinasi sudah kita lakukan secara intensif. Kita turunkan tim untuk lakukan pengawasan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli 

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *