Kekerasan Terhadap Anak di Tarakan Meningkat, Didominasi Pelecehan Seksual

benuanta.co.id, TARAKAN – Kasus kekerasan terhadap anak di bawah umur kian meningkat di Kota Tarakan. Per Januari hingga September terdapat 84 kasus terjadi yang didominasi oleh pelecehan seksual.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2KB) membeberkan, pengaduan terbanyak yang diterima DP3AP2KB adalah kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

“84 kasus itu mayoritas memang dari pelecehan seksual. Ini khusus anak beda dengan perempuan,” ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DP3AP2KB, Rinny Faulina, Selasa (1/10/2024).

Baca Juga :  Swiss-Belhotel Tarakan Rayakan Anniversary ke 20, Angkat Tema Karnaval

Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 lalu, sebanyak 195 kasus yang terdata sedangkan pada tahun ini sudah 165 kasus dan ini merupakan data per Januari hingga September.

“84 kasus merupakan kekerasan terhadap anak. Sementara 81 sisanya adalah kasus kekerasan terhadap perempuan,” ungkapnya

Pelecehan seksual yang dilaporkan kepada DP3AP2KB, mayoritas terjadi pada anak berusia 12-17 tahun. Ironisnya, para pelaku merupakan orang terdekat dari korban. Mulai dari tetangga hingga rekan kerja orang tua korban. Tak bisa dipungkiri di beberapa kasus, ditemukan pelaku merupakan teman sebaya yang didasari suka sama suka.

Baca Juga :  Anjing Pelacak Endus Barang Penumpang di Malundung, Ada Apa?

Mirisnya perbuatan tidak pantas itu justru dilakukan oleh siswa Sekolah Dasar (SD) hingga si perempuan hamil. “Kalau yang suka sama suka itu ada anak SD, (pelakunya) sama juga, anak SD,” terangnya.

Ia menuturkan pelaku melakukan aksi bejadnya dengan mengiming-imingi korbannya. “Mengiming-imingi korban dengan uang atau barang berharga,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Baca Juga :  6 Kilo Sabu Dimusnahkan, Polisi Buru 2 DPO

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *