Hujan Masih Berpotensi hingga 3 Hari ke Depan

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan memprediksi potensi hujan yang masih berlangsung hingga tiga hari ke depan. Khususnya untuk wilayah Kota Tarakan, sebagian kecamatan di Kabupaten Nunukan, sebagian kecamatan di Kabupaten Tana Tidung dan sebagian kecamatan di Kabupaten Bulungan.

Potensi hujan ini diprediksi terjadi tidak merata dengan rentang waktu siang hingga sore hari.

“Lalu ada potensi hujan ringan dan sedang pada malam hingga dini hari, diprediksi terjadi hampir di seluruh wilayah Kaltara,” ujar Forecaster BMKG Tarakan, Ida Bagus Gede Yamuna, Senin (30/9/2024).

Baca Juga :  Relawan ZIAP di Tarakan Gelar Nobar Timnas Indonesia Melawan China 

Ia melanjutkan, pada hari kedua diprediksi potensi hujan ringan dan hujan sedang terjadi pada sore hingga dini hari. Adapun wilayah yang diprediksi mendapatkan potensi hujan yakni di Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Tana Tidung dan Kota Tarakan.

“Pada hari ketiga diprediksi hampir terjadi hujan menyeluruh, dimulai dari Kabupaten Tana Tidung, Malinau, Nunukan dan Tarakan,” lanjutnya.

Ida Bagus mengungkapkan, prediksi hujan ini terjadi lantaran adanya faktor lokal yakni pola angin di wilayah Kaltara. Sebelumnya, juga terdapat siklon tropis di wilayah Utara Kalimantan yang menyebabkan masa uap air basah yang membentuk hujan tertarik ke atas.

Baca Juga :  Bea Cukai Tarakan Lampaui Target Penerimaan di Triwulan Ketiga

“Ketika siklon tropis sudah tidak ada maka pola angin kembali seperti biasa, saya juga lihat ada belokan angin di wilayah KTT dan Nunukan bagian Barat. Sehingga besar potensi hujannya,” ungkapnya.

Meski dalam kurun 3 hari ke depan kondisi di Kaltara masih didominasi hujan, ia menyebut prakiraan tinggi gelombang juga masih dalam kategori normal. Diperkirakan ketinggian gelombang saat ini berada di kisaran 0,1 hingga 0,5 meter dan kecepatan angin di bawah 10 knots.

Baca Juga :  Dana Kegiatan Baru Cair September, KONI Tarakan Gelar Rakerkot

“Tetap himbauan kami kepada teman-teman yang beraktivitas di laut ketika kondisi cuaca tiba-tiba berubah harap waspada,” tandasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *