BPOM Tarakan Awasi Klinik Kecantikan, Singgung Praktik dan Resep 

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Tarakan melakukan pengawasan terhadap klinik kecantikan yang berada di wilayah Tarakan. Pasalnya, klinik kecantikan saat ini diduga marak melakukan praktik tanpa dilakukan oleh tenaga kesehatan yang profesional.

Kepala BPOM Tarakan, Harianto Baan mengatakan, produk yang dikeluarkan oleh klinik kecantikan harus melalui resep dan takaran kesehatan. Peracikan produknya pun dilakukan oleh tenaga kesehatan dalam hal ini kefarmasian.

“Jadi kalau klinik kecantikan yang meracik sendiri produknya dan langsung diberikan ke pasien itu harus ada resep dokter, otomatis juga harus ada izin kliniknya,” katanya, Ahad (29/9/2024).

Baca Juga :  Hari Pertama Ops Zebra, 50 Pengendara Terjaring Razia

Pengawasan yang dilakukan pihaknya selama ini yakni dengan menyambangi klinik-klinik kecantikan yang ada di wilayah Tarakan. Kunjungan ke klinik kecantikan tersebut dalam rangka memeriksa perizinan, pengadaan produk, bahan baku produk dan distribusi produk.

Menurutnya, produk kecantikan yang baik harus dilakukan saat pasien membutuhkan perawatan kecantikan tersebut.

“Bukan distok ya produknya, jadi ketika ada pasien datang baru diracik. Kalau mau stok itu ada izinnya sendiri. Sama dengan dokter lainnya, misalnya ada dokter anak itu pasti meracik lalu diberikan resep itu ke apoteker baru diberikan obat,” jelasnya.

Baca Juga :  Dana Kegiatan Baru Cair September, KONI Tarakan Gelar Rakerkot

Namun sejauh ini, dikatakan Harianto, BPOM Tarakan belum menemukan hal serupa di Tarakan. Kebanyakan ia menemukan klinik kecantikan dengan stok produk yang memiliki izin edar.

Adapun yang menjadi perhatian pihaknya ialah salon atau klinik kecantikan yang menyediakan layanan suntik vitamin c atau suntik putih.

“Itu bahaya Vitamin C disuntikkan begitu. Apalagi yang menyuntik bukan dari background kesehatan, kalaupun punya background kesehatan ada izinnya tidak membuka klinik itu,” tukasnya. (*)

Baca Juga :  6 Kilo Sabu Dimusnahkan, Polisi Buru 2 DPO

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli 

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *