Komitmen Dispora Kaltara Jaring Bibit Atlet Muda

benuanta.co.id, TARAKAN – Segudang prestasi olahraga di Bumi Benuanta menjadi tolak ukur bagi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Utara (Kaltara) dalam meningkatkan program pembinaan bagi para atlet-atlet muda.

Plt Kadispora Kaltara, Ir Yosua Batara Payangan, S.T., M.T., mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya berencana menggelar event yang berfungsi untuk menjaring bibit atlet muda. Rencana, event yang akan digelar seperti gulat dan tenis.

Selain itu, pihaknya juga berencana mengikuti pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang rencananya dilaksanakan pada 11 hingga 18 November 2024.

Baca Juga :  Dispora Apresiasi Peningkatan Prestasi Atlet di PON XXI

“Yang lebih-lebih juga kita akan evaluasi sistem pendidikan latihan pelajar. Kita harus lihat PPLP (Latihan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar) seperti apa,” katanya, Kamis (26/9/2024).

Ia melanjutkan, Kaltara berupaya tetap menjadi bagian dari PPLP untuk menggembleng bibit atlet potensial. Sejauh ini, cabang yang berpotensi prestasi setelah melalui PPLP tersebut ialah panahan dan taekwondo.

“Yang sudah masuk PPLP tapi belum berprestasi itu ya akan kita evaluasi,” lanjutnya.

Baca Juga :  Dispora Apresiasi Peningkatan Prestasi Atlet di PON XXI

Cabang panahan dan taekwondo, menurut Yosua sudah dapat mengharumkan nama Kaltara. Terbukti beberapa atlet Kaltara dapat membawa pulang medali baik di event nasional maupun internasional.

“Kalau taekwondo itu kemarin sampai ke PON juga tapi gagal karena sakit. Tidak bisa kita paksakan, tapi secara nasional dan internasional mereka bisa meraih emas. Cuma ya di PON itu musibah. Tidak bisa kita lawan itu,” tukasnya.

Ke depan, pihaknya berharap, pemerintah dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltara dapat lebih lagi dalam membangun olahraga di Kaltara.

Baca Juga :  Dispora Apresiasi Peningkatan Prestasi Atlet di PON XXI

“Kita sinergi terus dengan KONI khususnya dalam peningkatan olahraga prestasi,” tutup Yosua. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *