Cegah Kabut Asap, DLH Bakal Pasang SPKUA di Kota Tarakan 

benuant.co.id, TARAKAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan membangun Stasiun Pemantau Kualitas Udara Ambien (SPKUA) di Kota Tarakan pada Oktober 2024 mendatang.

Kepala UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kota Tarakan, Supran Anang mengungkapkan SPKUA yang dibangun di belakang kantor DLH akan segera dioperasikan karena saat ini alat yang akan digunakan sedang dalam perjalanan.

“Sekarang sedang pengiriman dari Jakarta. Mungkin di bulan depan sudah terpasang di belakang Kantor DLH,” ujarnya, Selasa (24/9/2024).

Baca Juga :  Dinas Sosial Tarakan Tangani 41 Orang Terlantar Sepanjang Tahun 2024

Ia menuturkan stasiun tersebut merupakan stasiun Stasiun pemantau udara otomatis yang akan langsung membaca hasil pemantauan udara di Tarakan. Kendati demikian, pihaknya akan tetap menggunakan alat manual.

Ia juga membeberkan alat tersebut merupakan bantuan dari kementerian, pihaknya hanya menyediakan lahan untuk membangun stasiun tersebut.

“Nanti sudah otomatis kebaca langsung hasilnya di komputer tidak perlu tidak manual lagi. Disini ada indornya. Sudah standby setiap hari jadi bentuknya stasiun,” ungkapnya.

Baca Juga :  Moderasi Beragama Penting untuk Antisipasi Perpecahan Antar Umat

“Ini sebagai antisipasi untuk kabut asap. Kan kita nggak tau kapan ada asap kabut tapi dia berproduksi setiap hari untuk melihat kualitas udara,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra 

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *