Akhir Perjuangan PON XXI, Cabang Ski Air Sumbang Perunggu

benuanta.co.id, MEDAN – Kontingen Kalimantan Utara (Kaltara) mengakhiri perjuangan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) dengan perolehan perunggu dari cabang ski air.

Dalam pertandingannya di Danau Toba pada Kamis, 19 September 2024 kemarin, atlet atas nama Febrian Saputra berhasil menyabet perunggu pada nomor Open Men Slalom dengan poin 5,50. Perolehan perunggu pada PON XXI kali ini, juga diraih oleh atlet atas nama Muhammad Zahidi Putu asal Jawa Timur dengan poin 5,50.

Adapun untuk medali emas di raih oleh Guruh Dwi Saputra asal Jawa Timur dengan poin 1,50 dan medali perak dipersembahkan atlet Indra Hardinata asal Sumatera Selatan dengan poin 3,00.

Baca Juga :  Laga Lanjutan, Pegulat Kaltara Belum Mampu Tambah Medali

“Juara 3 bersama hitungannya. Karena poinnya sama, dari panitia juga menyatakan pertandingan tidak mungkin dilanjutkan. Kalau juga dipaksakan pertimbangannya mengutamakan keselamatan atlet,” ujar Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PSAWI) Kaltara, Dediansyah.

Sebenarnya, anak asuhnya merupakan atlet lapis kedua, sementara ia harus berhadapan dengan atlet yang menyandang juara internasional. Nomor slalom di cabang ski air juga menjadi harapan terakhir pihaknya untuk menyumbang medali.

Menurut Dedi, selama jalannya pertandingan, venue mengalami kondisi cuaca yang cukup ekstrem. Sehingga, banyak atlet kelas internasional yang kesulitan sementara laga yang berlangsung kemarin juga diharuskan selesai.

Baca Juga :  Penyerang Timnas Indonesia Rafael Struick Resmi Gabung Brisbane Roar

“Akhirnya dipaksakan lah karena tanggal 19 September itu sudah harus selesai. Karena sebagai dasar untuk laporan hasil kejuaraan itu. Karena dipaksakan, atlet-atlet nasional itu tumbang semua,” lanjutnya.

Dedi menyebut, raihan medali kali ini tentu tidak terlepas dari persiapan panjang yang dilakukan sebelum PON XXI. Febri pun juga telah menyesuaikan kondisi venue dengan cukup baik, lantaran selama latihan ia berhadapan dengan kondisi air yang sama yakni di Sungai Kayan, Tanjung Selor.

Ke depan, pihaknya akan menjaring bibit atlet khususnya pada kelompok junior untuk disiapkan dievent pertandingan selanjutnya.

Baca Juga :  Sambo Kaltara Gagal Sumbang Medali

“Kami pulang nanti akan kami rekrut atlet baru untuk kami didik di cabang ski air. Terutama kelas perempuan,” pungkasnya.

Dengan hasil ini, Kaltara menduduki peringkat 30 dengan mengoleksi 3 medali emas, 1 perak dan 5 perunggu dalam PON XXI/2024 Aceh-Sumut. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *