Ekspansi untuk Negeri

GENAP enam tahun hadir sebagai bacaannya masyarakat Kalimantan Utara, Benuanta Grup kembali menunjukkan eksistensi dan konsistensi sebagai media massa daerah yang terus tumbuh informatif, dan teraktual. Pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 Benuanta Grup yang jatuh pada 3 September 2024 menjadi tonggak sejarah dengan peluncuran anak perusahaan Benuanta Grup yakni Benua Kaltim yang dilandasi komitmen kuat untuk menyebarkan informasi kepada negeri.

Direktur Program Benuanta Grup, M. Yanudin, S.H., memaparkan anak perusahaan pertama yang melenggang di Bumi Etam, julukan lain Provinsi Kalimantan Timur bernama Benua Kaltim dengan biro perdana di Kabupaten Berau.

Secara etimologi, Yanudin menjelaskan Benua Kaltim memiliki arti daratan atau tanah yang sangat luas sedangkan Kaltim merupakan singkatan dari Provinsi Kalimantan Timur. Begitu juga dengan tagline yang tetap mempertahankan unsur daerah yaitu “Bacaannya Masyarakat Kalimantan Timur”.

Selain itu dari jenis font logo Benua Kaltim juga tetap menggunakan uliran khas Kalimantan yang indah dan memukau. Uliran ini cenderung tegas, kuat dan mencolok yang dipadukan warna hijau, oranye, hitam serta putih sehingga lebih menarik saat dipandang para pembaca.

Kemudian Benua Kaltim juga memiliki sembilan rubrik di portal online-nya. Mulai dari Headline, Pemerintahan, Parlementaria, Hukum dan Kriminal, Politik, Olahraga, Ekonomi dan Daerah dengan sub menu masing-masing wilayah di Provinsi Kalimantan Timur. Semua itu disajikan sebagai turunan tulisan-tulisan yang bernilai jurnalistik aktual, faktual dan menarik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta memberi fungsi sebagai informasi dan edukasi.

“Jadi di Berau sudah ada 1 Sumber Daya Manusia (SDM) kita. Mudah-mudahan segera mungkin bisa berkembang. Kita akan menambah SDM lagi dan perangkat-perangkat lainnya untuk memperkuat komitmen kita hadir untuk masyarakat,” ujar Yanudin saat memaparkan launching Benua Kaltim pada malam puncak HUT ke-6 Benuanta Grup dengan tema Semakin Tangguh dan Tumbuh yang digelar di Swiss Belhotel Tarakan, Selasa (3/9/2024).

Yanudin mengungkapkan dasar tujuan ekspansi Benuanta Grup ke Provinsi Kalimantan Timur untuk memenuhi keterbukaan informasi dan menjadi media yang layak dikonsumsi publik di negeri ini. Khususnya Kalimantan Timur dan Ibu Kota Negara (IKN).

“Saya sendiri yang mencetuskan Benua Kaltim adalah kebutuhan informasi kita antar daerah, khususnya informasi-informasi dari Kaltara ke Kaltim apa lagi ada IKN,” ungkapnya.

Di satu sisi, kehadiran Benua Kaltim untuk menjawab keberadaan Benuanta yang terus berkembang pada daerah Provinsi Kalimantan Timur tepatnya Kabupaten Berau.

“Yang notabene Benuanta.co.id merupakan media berasal dari Kalimantan Utara sehingga kita terus menyesuaikan produk jurnalis edukasi dan bisnis lebih melokal dengan Benua Kaltim,” ujarnya.

Masih Yanudin, kehadiran Benua Kaltim merupakan contoh memperluas jaringan media yang memiliki induk dari ibukota terjun untuk daerah.

“Seperti media nasional A misalnya punya anak perusahaan di setiap daerah, sehingga itulah sebagai wujud memudahkan bisnis dan produk jurnalis kedaerahan lebih maksimal. Ke depan kita ingin membentuk jaringan media seperti itu dan kita berharap bisa berkembang pesat dan terbangun SDM di Kaltim,” paparnya.

Ia juga berharap dengan kehadiran pemberitaan Benua Kaltim perdana di Kabupaten Berau sepanjang hari dapat kian berkembang pesat lagi hingga ada Biro Balikpapan dan Samarinda menyusul daerah lainnya di Provinsi Kaltim.

“Terutama Biro Balikpapan dan Samarinda. Itulah tujuan Benua Kaltim terbentuk. Kita membutuhkan keterbukaan informasi lebih dan kita juga punya relasi baik di Kaltim baik itu media-media, pemerintahan, swasta untuk menjadi mitra kita,” tutupnya.

Sementara itu Direktur Utama Benuanta Grup, Firman Pamungkas mengatakan, sudah sepatutnya Benuanta Grup terus mempertahankan sikap kompetitif di tengah persaingan dan berkembangnya teknologi  di industri media massa. Tantangan yang muncul di era teknologi seperti sekarang ini harus disikapi dengan langkah transformasi, adaptif, dan memperkuat kolaborasi.

“Kami meyakini walau disrupsi digital menjadi tantangan besar, industri media tidak akan mati. Begitu juga dengan Benuanta Grup yang tangguh berdiri di usia ke 6 tahun. Sebab, kebutuhan informasi akan tetap ada dan bahkan terus meningkat, seperti yang kita lakukan di Benua Kaltim. Kami meyakini sekaligus mengharapkan ekspansi ini bukan hanya untuk satu atau dua wilayah, tetapi ekspansi untuk negeri sebagai acuan informasi semua masyarakat di Indonesia dan global,” tutur Firman Pamungkas.

Firman menyebut, ekspansi Benuanta Grup ini juga diperkuat dengan platform berita terbaru dan berfokus pada penyebaran informasi yang kekinian melalui sosial media Benuanta Grup. Upaya ini diharapkan dapat menarik minat pembaca dari berbagai kalangan usia yang tentunya tetap mempertahankan kualitas.

“Sejak tahun 2018 lalu merintis Benuanta Grup, kami berkomitmen untuk selalu memberikan informasi berkualitas bagi masyarakat. Komitmen tersebut jugalah yang membawa konsistensi dan eksistensi Benuanta Grup tetap berkibar sampai saat ini,” ujarnya.

Baca selengkapnya di koran mingguan Benuanta Edisi: 295, terbit Senin, 9 September 2024. (*)

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *