benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Perindustrian perdagangan koperasi dan UMKM (Disperindagkop) Kalimantan Utara (Kaltara) beberapa waktu lalu menggelar kegiatan pelatihan digitalisasi marketing angkatan ke-3 di Kabupaten Nunukan.
Kepala Disperindagkop Kaltara Hasriyani, mengatakan di era digitalisasi seperti saat ini semakin berkembang dengan cepat dengan teknologi yang semakin canggih. Kondisi ini tentu harus dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha UMKM.
“Kita mau dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, para pelaku usaha khususnya UMKM dapat meningkatkan produksi. Akan tetapi pada kenyataannya masih ada beberapa tantangan yang didampingi oleh para pelaku UMKM,” ujarnya Kamis, (5/9/2024).
Lanjut di Kaltara khususnya, Kabupaten Nunukan dalam upaya mengembangkan usahanya di era digital ini pihaknya memberikan bimbingan. Seperti tingkat pengetahuan teknologi informasi yang masih minim pemahaman tentang teknik digitalisasi marketing, kesulitan dalam mengikuti pergeseran perilaku konsumen dari konvensional ke digitalisasi hingga tingkat persaingan yang tinggi.
“Jadi memang masih ada beberapa pelaku usaha UMKM yang masih kesulitan dalam mengikuti perkembangan teknologi maka dari itu diadakan pelatihan digitalisasi marketing,” tuturnya.
Dengan adanya permasalahan yang ada terkait digitalisasi marketing tersebut, sangat penting bagi pelaku UMKM khususnya yang ada di Kabupaten Nunukan untuk dapat dibekali pengetahuan tentang digitalisasi marketing malam memasarkan produk.
“Dalam kegiatan ini tentunya kami menghadirkan narasumber dari Cis Plut Kabupaten Bulungan, dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 30 orang khusus di Kabupaten Nunukan,” pungkasnya. (adv)
Reporter: Ikke
Editor: Yogi Wibawa