Tiga Rumah Hangus, BPBD Siapkan Bantuan Logistik

benuanta.co.id, TARAKAN – Kebakaran di RT 1 Kelurahan Karang Anyar pada Ahad, 25 Agustus 2024 menghanguskan 2 rumah dan 1 rumah terdampak.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tarakan, pihaknya menghimpun terdapat 3 Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban atas kejadian nahas tersebut.

“Sementara dari data yang kita terima, ada 3 KK. Dua rumah yang hangus, satu terdampak,” ujar Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) dan Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Kota Tarakan, Asril Maulid, Ahad (25/8/2024).

Dari data tersebut, pihaknya akan memberikan penanganan kebencanaan berupa pemberian bantuan logistik untuk keluarga terdampak. Pihaknya sudah menyiapkan sembako dan juga alas tidur untuk korban kebakaran.

Baca Juga :  Polres Tarakan Petakan 5 Titik Rawan Pilkada

“Kita segera laksanakan malam ini juga, kita berikan terpal juga nanti,” sambungnya.

Dalam memberikan bantuan kebencanaan ke korban, pihaknya akan melakukan secepatnya dengan catatan tetap sesuai dengan prosedur yang ada. Dalam kejadian kebakaran ini pihaknya juga tak menemukan adanya korban jiwa.

“Sejauh ini belum ada. Semoga tidak ada korban jiwa,” tukasnya.

Sementara itu, Kasat Pol PP dan PMK Tarakan, Sofyan menyebut, pihaknya mengerahkan 6 armada dari PMK Sektor Barat dan Kampung Satu untuk proses pemadaman terhadap bangunan yang terbakar.

Baca Juga :  Bawaslu Temui Kendala Jelang Pengawasan Tahapan Penetapan DPT

Terdapat pula, unsur lainnya yang turut membantu proses pemadaman hingga penanganan terhadap korban diantaranya Polres Tarakan, PMI Tarakan, Korlakar dan Puskesmas.

“Ada kesulitan tadi waktu pemadaman. Selang kita sempat putus ditarik tadi, ya dihimbau ke masyarakat supaya bisa memperhatikan selang jangan dirampas rampas,” tutur Sofyan.

Ihwal kendala tersebut, pihaknya menyita waktu lebih lama untuk pemadaman api. Lantaran mesin yang mati akibat selang air putus. Namun, saat ini api sudah mampu dijinakkan petugas dengan estimasi penanganan 1 jam lamanya.

Baca Juga :  Zainal Arifin Paliwang Nobar Indonesia vs Australia Bersama Relawan ZIAP Tarakan

“Kurang lebih sama pendinginan satu jam setengah, investigasi saat ini juga masih didalami. Itu biar olah TKP dari kepolisian,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
858 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *