Tahun Ini Jadi Kesempatan Terakhir bagi Guru Honorer Ikut PPPK Khusus

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Tahun ini bakalan menjadi kesempatan terakhir bagi tenaga guru honorer untuk terangkat menjadi Pegawai Pemerintah Tenaga Kontrak (PPPK). Pasalnya berdasarkan intruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), tahun 2024 ini bakal menjadi tahun terakhir untuk dibukanya seleksi PPPK khusus guru honorer.

Hal itu pun turut dibenarkan Kepala Disdikbud Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Teguh Henri Sutanto, yang mengatakan tahun ini merupakan tahun terakhir dibukanya seleksi PPPK khusus tenaga honorer.

“Kalau khusus honorer itu hanya honorer tedaftar didapodik saja yang boleh ikut seleksi PPPK dan untuk tahun ini merupakan seleksi PPPK terakhir bagi yang khusus honorer,” kata Teguh, Selasa (20/8/2024).

Baca Juga :  Disdikbud Gelar Penguatan Pendidikan Karakter bagi Guru, Tenaga Pendidik dan Siswa

Meski demikiam, Teguh menambahkan kalau di tahun-tahun yang akan datang baik CPNS ataupun PPPK tetap akan dibuka hanya dengan jalur umum tanpa pengkhususan untuk tenaga honorer.

“Tergantung bisa saja kita membuka CPNS langsung atau PPPK tergantung kebutuhan dan kebijakan. Tapi untuk PPPK yang khusus honorer tidak akan dibuka lagi ditahun depan kecuali ada perubahan kebijakan di Kemendikbud,” terangnya.

Baca Juga :  Disdikbud Gelar Penguatan Pendidikan Karakter bagi Guru, Tenaga Pendidik dan Siswa

Sementara itu untuk Seleksi PPPK tahun ini ia menjelaskan kalau dalam PPPK nantinya para tenaga honorer tetap harus mengikuti selesksi sesuai tahapan atau tetap mendaftar untuk mengikuti seleksi PPPK.

“Memang tujuannya ialah menghapus status tenaga honorer. Tapi tenaga honorer ini juga harus mengikuti seleksinya bukan berarti akan terangkat secara langsung. Beberapa tahun kebelakang ini kita sudah mengangkat sejumlah tenaga honorer yang lulus PPPK. Selama tenaga honorer itu belum memasuki usia pensiun yakni 60 tahun mereka tetap bisa mengikuti seleksi PPPK,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga :  Disdikbud Gelar Penguatan Pendidikan Karakter bagi Guru, Tenaga Pendidik dan Siswa

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *