Tingkatkan Ekonomi, Rute Ferry Nunukan – Sebatik Dipastikan Beroprasi Setiap Hari

benuanta.co.id, NUNUKAN – Rute kapal ferry tujuan Pulau Sebatik akan beroprasi setiap hari. Hal itu diungkapkan Anggota Komis 1 Dewan Perwakilan Rakyat Derah (DPRD) Nunukan, Andre Pratama.

Diterangkan Andre, ia telah menyurat ke Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kaltara terkait layanan perlintasan Tarakan – Sebatik. Dalam usulan tersebut, ia menginginkan rute Nunukan – Sebatik beroprasi setiap hari.

Menurutnya kapal ferry yang beroprasi di Nunukan – Sebatik hanya di hari tertentu yakni Senin, Rabu dan Jumat. Sehingga hal ini perlu adanya perhatian lebih dalam meningkatkan mobilitas masyarakat, serta mendorong ekonomi daerah.

“Dari surat yang kita kirim itu keluarlah surat balasan dari putusan Gubernur Kaltara dengan No.128.44/K286/2024, ini adalah perubahan kedua keputusan Guburnur tentang lintasan sungai dan penyeberangan antara Kabupaten/Kota di wilayah Kaltara, salah satunya Nunukan – Sebatik,” kata Andre Pratama, Kamis (1/8/2024).

Lanjut dia, informasi dari pihak Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP), jalur tersebut akan efektif di tahun depan tepatnya Januari 2025.

Menurut dia, jika jalur ini dibuka setiap hari maka distribusi ekonomi warga Nunukan-Sebatik jauh lebih baik. Bukan tanpa sebab, paaslnya salah satu geliat ekonomi masyarakat seperti budidaya rumput laut akan lebih mudah didistribusikan melalui kapal ferry, serta harga yang lebih terjangkau.

Mengenai hal ini, Kepala Perwakilan PT ASDP Tarakan, Gafur membenarkan adanya penambahan kapal baru dari Tarakan  Sebatik yang akan beroprasi setiap dua kali seminggu, sehingga Nunukan – Sebatik akan bisa terlayani setiap harinya.

“Ini akan beroprasi tahun depan, sedangkan untuk tarifnya akan tetap sama, tinggal pengusulan dari balai apakah nanti akan dibantu diusulkan bantuan bahan bakar bersubsidi di kementerian, kami masih nunggu,” jelasnya. (*)

Repoter: Darmawan

Editor: Nicky Saputra 

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *