Pendidikan Non Formal Solusi untuk Anak Putus Sekolah di Perbatasan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pendidikan non formal terus digaungkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan. Hal ini dianggap sangat penting lantaran bagian dari peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), serta menjadi solusi bagi anak putus sekolah.

Diterangkan Kepala Dinas Pendidikan Nunukan, Akhmad dalam memenuhi pendidikan masyarakat terutama bagi yang putus sekolah maka pendidikan non formal perlu dilakukan terutama bagi wilayah perbatasan.

“Ada sekitar 800 orang yang difasilitasi melalui sekolah non formal di Kabupaten Nunukan pada warga binaan yang mendapatkan pendidikan dan kesetaraan ijazah paket A, B, dan C,” kata Akhmad Kamis, 11 Juli 2024.

Baca Juga :  Tiga Pelajar Nunukan Wakili Kaltara di Ajang FLS2N 2024

Kata Akhmad, pihaknya hampir setiap tahunnya ratusan anak putus sekolah dan masyarakat umum telah difasilitasi melalui sekolah non formal dengan berbagai metode pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan, guna meningkatkan kualitas hidup.

Pendidikan non formal di Kabupaten Nunukan telah memberikan kesempatan dan telah memfasilitasi pendidikan bagi warga yang umumnya putus sekolah, jauh dari fasilitas sekolah SD, SMP, SMA, sementara masyarakat yang juga berada di luar usia sekolah, harus melalui pendidikan non formal.

Baca Juga :  WNA Malaysia Selundupkan Sabu dalam Anus, Mengaku karena Terlilit Hutang 

Sekolah non formal ini sangat membantu masyarakat di perbatasan, apalagi di tempat yang tidak ada sekolahnya. Di Nunukan ada beberapa sekolah non formal seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan ada juga Program Kejar Si Toga melalui sekolah non formal ini pihaknya mengakui warga yang membutuhkan pendidikan pasti terbantu. (*)

Baca Juga :  Nekat Selundupkan Sabu dalam Kemasan Teh, IRT Ini Berujung Penjara

Reporter: Darmawan

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *