Masyarakat Tarakan Rasakan Efek Gempa Bumi dari Sulawesi Utara

benuanta.co.id, TARAKAN – Masyarakat di Kota Tarakan merasakan guncangan gempa bumi pada sekitar pukul 10.00 WITA, Kamis, 11 Juli 2024. Guncangan kecil yang terjadi ini diakibatkan gempa tektonik yang terjadi di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Salah seorang pegawai di Gedung Gadis Tarakan, Pradana merasakan adanya guncangan kecil saat melakukan aktivitas kerja.

“Memang ada tadi terasa gempa kecil. Waktu itu saya sedang duduk di dalam kantor, tapi kecil,” ujarnya, Kamis (11/7/2024).

Terkait hal tersebut, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Tarakan, M. Sulam Khilmi menjelaskan pada pukul 09.13.17 WIB wilayah Laut Sulawesi, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara diguncang gempa tektonik.

Baca Juga :  Terdakwa Sabu 5 Kg Dituntut Jaksa 17 Tahun Penjara

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M7,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,13° LU ; 123,30° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 371 Kilometer arah Barat Laut Kota Tahuna, Sulawesi Utara pada kedalaman 636 Kilometer,” jelasnya.

Ia mengatakan gempa tersebut terjadi akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam slab Lempeng Laut Filipina yang tersubduksi ke bawah Pulau Mindanao. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun.

Baca Juga :  Bea Cukai Tarakan Realisasikan Target Sebesar 46 Persen pada Semester Pertama

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Halmahera Tengah, Taliabu, Ternate, dan Talaud dengan skala intensitas II-III MMI. Sementara getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan akan truk berlalu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini idak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat ia mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Baca Juga :  Dinsos Tarakan Kucurkan Rp 10,2 Miliar Bayar Iuran BPJS Kesehatan untuk Masyarakat Kurang Mampu

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *