KPU Kaltara dan KPU Tarakan Sosialisasi Tahapan Pilkada dan PSU 

benuanta.co.id, TARAKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan dan KPU Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar sosialisasi tahapan Pilkada dan sosialisasi Pemilihan Suara Ulang (PSU) di Dapil Tarakan 1 atau Tarakan Tengah di ruang Serbaguna Pemkot Tarakan, Kamis 11 Juli 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan guna menjelaskan hak pilih dan penguatan dalam proses pelaksanaan PSU yang rencananya akan diselenggarakan pada Sabtu, 13 Juli 2024 mendatang.

“Menjaga integritas, melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi yang ada. Dari hasil monitoring yang kami lakukan, mereka sudah siap untuk pelaksanaan PSU pada 13 Juli mendatang,” ujar Anggota Komisioner KPU Kaltara, Chairullizza, Kamis (11/7/2024).

Baca Juga :  30 Caleg Terpilih di Nunukan Telah Serahkan LHKPN ke KPU 

Ia mengatakan pelaksanaan PSU tidak berbeda dengan Pemilihan Umum (Pemilu) sebelumnya. Hanya saja seperti DPK, mereka yang mencoblos pada 14 Februari lalu menggunakan Daftar Pemilih Khusus (DPK) dapat memilih akan tetapi yang DPK baru tidak memiliki hak untuk mencoblos.

“Nanti akan kita lihat di absensi saat pencoblosan 14 Februari lalu. DPT, DPTb, DPK semua ada. Semua sudah diklirkan,” jelasnya.

Baca Juga :  Bawaslu Berau Antisipasi Kerawanan Pilkada, Ini Masalah yang Diantisipasi

Aturan tersebut sudah tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) dan saat putusan Mahkamah Konstitusi (MK) disebutkan tidak ada pemutakhiran data pemilih artinya menggunakan data saat pencoblosan 14 Februari lalu.

Terkait antisipasi pelaksanaan PSU, ia menegaskan, sebelum PSU telah dilakukan koordinasi lintas instansi terutama pengamanan dari Polres Tarakan bahkan hingga pasca pelaksanaan PSU.

Baca Juga :  Final, Airlangga Hartarto Serahkan SK Partai Golkar ke Zainal-Ingkong

“Tingkat keamanan nanti tentunya berbeda dari pemilu sebelumnya. Baik dari pengawalan Polres dan lainnya. Untuk pengamanan tiap TPS akan bertambah,” pungkasnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2657 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *