Bawaslu Tarakan Sebut Beberapa Absensi DPK Tidak Ditemukan

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tarakan mengawasi proses pembukaan kotak suara hasil Pemilihan Umum (Pemilu) bulan Februari 2024 lalu.

Pembukaan kotak tersebut dilakukan untuk menginput ulang data Daftar Pemilih Khusus (DPK) Pemungutan Suara Ulang (PSU) Daerah Pemilihan (Dapil) Tarakan Tengah yang akan digelar pada 13 Juli 2024.

Dikatakan Anggota Bawaslu Tarakan, A. Muh. Saifullah pihaknya hanya mengawasi pelaksanaan tersebut sesuai dengan arahan. “Prinsipnya kami mengawasi dan mencermati proses tadi datanya seperti apa dan akan kami koordinasikan dengan pihak KPU,” ujarnya, Selasa (9/7/2024).

Baca Juga :  Demokrat Resmi Usung Pasangan SAH Maju Pilkada KTT 2024

Ia pun menuturkan sejauh ini prosesnya berjalan dengan lancar walaupun terdapat beberapa absen DPK yang tidak ditemukan dalam kota suara. Namum, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan akan berkoordinasi untuk mencari absensi yang hilang tersebut.

“Dari KPU mengatakan akan ada koordinasi untuk mencari. Apakah pada saat rekapitulasi ada perubahan atau bagaimana. Kita dari awal sudah memastikan semua sudah sesuai dengan prosedurnya,” ungkapnya.

Terkait hal tersebut, Anggota KPU Tarakan, Jumaidah mengatakan terdapat 2 kotak yang dibuka terdapat 5 kelurahan.

Baca Juga :  Final, Airlangga Hartarto Serahkan SK Partai Golkar ke Zainal-Ingkong

Dari hasil pembukaan kotak tersebut, terdapat beberapa absensi DPK yang tidak ditemukan. Oleh karena itu pihaknya akan berupaya untuk menemukan absensi tersebut dengan memanggil para petugas yang bertugas pada saat Pemilu dilaksanakan.

“Kami akan berupaya untuk itu, tetap kami akan memanggil PPK, PPS dan KPPS yang bertugas menanyakan pada hari h menanyakan DPK. Saya yakin mereka punya arsip karena memang ketika hari H setia TPS punya scannya. Memang harus wajib diarsipkan,” jelasnya.

Baca Juga :  Belum Dilantik Caleg DPR RI Terpilih Rahmawati Mulai Tepati Janji Politiknya 

Kendati demikian, terdapat pula beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tidak ada pemilih DPK “Jadi tidak ada absen DPK-nya. Kita input dulu (absensi DPK) kemudian akan kita pleno kan berapa jumlah DPK,” pungkasnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2652 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *