Selalu Macet saat Kedatangan Kapal, PT Pelindo Diminta Segera Carikan Solusi

benuanta.co.id, TARAKAN – Selalu macet saat kedatangan kapal di Pelabuhan Malundung, PT Pelindo akan segera mencari jalan keluar dengan melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan serta Polisi lalu lintas (Polantas) untuk mengurangi kemacetan.

Kegiatan bongkar barang dan kedatangan penumpang di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan sering mengakibatkan macet panjang di jalan utama tersebut. Hal ini menjadi keluhan bagi masyarakat umum yang melintas karena harus menunggu lama agar bisa keluar dari kemacetan.

Terkait hal tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan langsung mendatangi pihak PT Pelindo agar mencarikan solusi dari permasalahan ini. Secara blak-blakan pihaknya sudah berbicara langsung dengan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pelindo.

Baca Juga :  H+1 PSU, Bawaslu Tarakan Tak Temukan Indikasi Pelanggaran 

“Secara teknis sudah kami bicarakan dengan direktur SDM dan saya minta Dishub berkomunikasi dengan manager tekniknya untuk mengurangi hal tersebut supaya ada pembenahan jadi lebih baik,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Terkait hal tersebut, Mager Teknis PT Pelindo Terminal Petikemas Tarakan, Julhaidir mengungkapkan ini memang menjadi konsen pihaknya karena kemacetan yang terjadi akibat dari kedatangan penumpang kapal.

“Memang di hampir semua pelabuhan apalagi kalau dilihat jalan kita cukup sempit ini memang kami menjadi konsen kami juga kami akan koordinasikan dengan beberapa stakeholder kita, mungkin dengan Polsek dan Polres mungkin terkait dengan pengalihan itu karena bagaimanapun juga kami butuh teman-teman dari instansi lain untuk membantu kami karena kalau sudah membahas yang di depan jalan itu bukan ranahnya kami, tapi penyebabnya mungkin dari kami,” jelasnya.

Baca Juga :  Sering Rusak, Pemkot Bakal Lakukan Revitalisasi 2 Jembatan di Binalatung

Pihaknya menyadari jarak antara gate dan jalan utama memang cukup dekat. Ditambah lagi dengan kendaraan-kendaraan yang menunggu didepan jalan masuk pelabuhan yang menambah kemacetan. Oleh karena itu, pihaknya akan menyediakan beberapa solusi untuk menata sehingga tidak terjadi kemacetan lagi.

“Mudah-mudahan dalam waktu ke depan kita sudah bisa dapatkan solusinya dengan berkoordinasi dengan dishub kasat lantas yang jelas di depan itu kurang pengaturan aja mungkin kalau sudah diatur tidak sepadat ini,” terangnya.

Manager Operasi PT Pelindo Terminal Petikemas Tarakan, Ramadhan menambahkan pihaknya telah menyampaikan hal tersebut kepada Pj Wali Kota Tarakan untuk melakukan koordinasi terkait kegiatan penumpang dan bongkar muat.

Baca Juga :  Pemkot Harap Karyawan dan Pegawai Diberi Izin saat PSU

“Nanti alurnya ada dua cuma yang tadi kita sampaikan sama Pak Kadishub terkait dengan izinnya, nanti pada saat ada kegiatan bagaimana koordinasi dengan Kasatlantas,” ujarnya.

“Itu adalah salah satu opsinya mungkin dari opsi itu kami buatkan kantung parkir sehingga di area depan nggak macet lagi. Intinya hanya pengaturannya saja yang belum tertata,” tutupnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2559 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *