Jembatan Bailey ke Tanjung Batu Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

benuanta.co.id, BERAU – Jembatan Bailey yang berada di ruas jalan poros dan jembatan Tanjung Batu yang sempat amblas beberapa waktu lalu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.7 Penanggungjawab Nasional (PJN) Kaltim, Kuntiadi mengatakan pengerjaan jembatan itu sudah selesai perbaikan dengan hanya memakan waktu satu hari.

“Padahal, mereka menargetkan selesai dalam waktu 3 hari kerja. Tapi saya pastikan jembatan dan jalan tersebut kini dapat dilewati oleh masyarakat dengan kendaraan roda dua maupun roda empat,” ungkapnya Senin (8/7/2024).

Baca Juga :  Lahan Bermasalah, Gedung SD di Pulau Derawan Terancam Ditutup

Kata dia, Jembatan Bailey kini maksimal dapat dilewati oleh kendarangan dengan bobot 20 ton.

“Tetapi, kami membatasi hanya sampai 15 ton. Langkah itu diambil, untuk meminimalisir adanya kerusakan kembali,” ucapnya.

Sebelumnya, sambung dia dari core team sudah merencanakan untuk penanganan jembatan Bailey, langkah itu lebih aman dan cepat. Pihaknya menegaskan dilakukan hal tersebut untuk penanganan secara permanen.

Baca Juga :  Punya Kebun Cokelat Sejak 2002 dan Dapat Pembinaan Penuh dari PT Berau Coal

“Masih dalam tahapan design, untuk pernailan secara permanent. Akan diperhatikan pula faktor-faktor yang mempengaruhi rencana usia jembatan,” ungkapnya.

Selain itu, Kuntiadi mengatakan, perencaan pada jembatan itu nantinya akan bersifat penting.

“Melihat, penyebab ambruknya jembatan itu dikarenakan banjir dan debit air pasang. Kami sudah usulkan ke pusat, sesegera mungkin akan ditangani secara permanen,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Berkas Pelaku Pembunuhan di Teluk Bayur Masih Dilengkapi

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *