Dermaga Pelabuhan Malundung akan Dibangun Lagi Tahun Ini

benuanta.co.id, TARAKAN – PT Pelindo akan melakukan pengerukan untuk menambah dermaga di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan pada tahun 2024 ini. Hal tersebut dilakukan dikarenakan meningkatnya aktivitas kapal secara signifikan di pelabuhan tersebut.

Mager Teknis PT Pelindo Terminal Petikemas Tarakan, Julhaidir mengatakan pengerukan akan dilakukan pada September atau Oktober 2024 mendatang.

Ia membeberkan pihaknya akan melakukan pengerukan sedalam 7 meter ke bawah laut. Sedangkan untuk pembangunan dermaga yaitu dengan panjang 120 meter dan lebar 45 meter.

Baca Juga :  H+1 PSU, Bawaslu Tarakan Tak Temukan Indikasi Pelanggaran 

“Ke arah timur kalau dilihat secara batimetri makin ke timur dia makin dalam kurang lebih 13 sampai 14 meter kedalamannya,” ujarnya.

Dengan adanya pembangunan dermaga baru ini diharapkan dapat memperlancar kegiatan bongkar muat dan kegiatan penumpang nantinya.

Terkait alat bongkar muat, ia menjelaskan tentu saja diperlukan penambahan alat untuk bongkar muat seperti Crane. Saat ini pihaknya hanyalah memiliki 1 alat Crane yang idealnya bekerja hanya sampai 100 meter saja.

Baca Juga :  Ops Patuh Kayan Dimulai, 14 Jenis Pelanggaran Disorot

“Jadi kalau misalnya nanti ada tambahan 120 meter berarti dermaga kami total ada 250 meter. Idealnya ada dua alat nanti di situ (dermaga Pelabuhan Malundung),” ungkapnya.

Disinggung mengenai aktivitas penumpang saat pembangunan dermaga telah dilakukan, pihaknya otomatis akan memindahkan kegiatan tersebut ke dermaga tengah.

“Untuk peti kemas tetap berkegiatan dan kegiatan bongkar di peti kemas dan penumpang juga sudah bisa kita sahkan. Kalau tambah lagi dengan perpanjangan dermaga kinerja bongkar muat kita lebih lebih terukur,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Dinkes Tarakan akan Lakukan Imunisasi Polio di Posyandu, Puskesmas dan Sekolah

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2563 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *