Bongkar Muat di Pelabuhan Malundung Meningkat Signifikan Sejak 2019

benuanta.co.id, TARAKAN – Kegiatan bongkar muat barang di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan meningkat signifikan dari tahun 2019 hingga tahun 2024.

Hal ini disampaikan PT Pelindo Terminal Petikemas (TPK) Tarakan dimana tahun 2019 terdapat peningkatan cukup signifikan mulai 12-15 persen dan pada tahun 2024 peningkatan terlihat sebesar 7 persen.

“Otomatis dengan peningkatan tersebut kunjungan kapal semakin banyak. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya pelayanan kita juga lebih ekstra,” ujar Manager Teknis PT Pelindo Terminal Petikemas Tarakan, Julhaidir.

Baca Juga :  Pertemuan Sosek Malindo, Peningkatan Kesejahteraan Wilayah Perbatasan Dibahas

Menghindari kapal yang menunggu antrean, pihaknya melakukan floating allocation. Dimana kapal yang akan sandar di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan berkomunikasi terlebih dahulu dengan pihak PT Pelindo TPK sebelum menuju ke Tarakan.

“Jadwalnya mereka kita floating kita maksimalkan sehingga semua kegiatan bisa berjalan dengan baik antreannya pun tidak seperti yang didengar di luaran sana bahwa antreannya sampai 1 minggu 2 minggu. Kita cuma selesai satu hari masuk lagi yang membawa bahan pokok,” ujarnya.

Baca Juga :  Pertemuan Sosek Malindo, Peningkatan Kesejahteraan Wilayah Perbatasan Dibahas

Sedangkan terkait kapal penumpang, pihaknya akan memprioritaskan penumpang terlebih dahulu. Ia menjelaskan kurang lebih 4 jam untuk aktivitas penumpang di Pelabuhan Malundung.

Setelah itu, kegiatan bongkar muat kontainernya akan dilanjutkan meskipun di dermaga tengah juga dilakukan kegiatan bongkar muat.

“Tapi kalau untuk bahan pokok memang pembongkarannya di dermaga yang biasa ditambati oleh kapal yang ditumpangi oleh penumpang,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  Pertemuan Sosek Malindo, Peningkatan Kesejahteraan Wilayah Perbatasan Dibahas

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2636 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *