Sambut Tahun Baru Islam 1446 H dengan Pawai Obor

benuanta.co.id, TARAKAN – Menyambut Tahun Baru Islam atau lebih dikenal tahun baru hijriah 1 Muharram 1446 H, warga di Kelurahan Sebengkok menggelar pawai obor yang berlangsung pada Sabtu, 6 Juli 2024, malam. Ratusan warga meramaikan pawai obor tersebut.

Adapun rutenya, dari depan Kantor Kelurahan Sebengkok hingga pertigaan Sebengkok Tiram.

Ketua Panitia Pawai Obor, Heruliansyah mengatakan, pawai obor kali ini merupakan kedua kalinya yang digelar. Pawai obor ini juga tak seluruhnya melibatkan warga Kelurahan Sebengkok, namun terdapat pula warga Tarakan yang berasal dari wilayah lainnya.

Baca Juga :  Masyarakat Tarakan Rasakan Efek Gempa Bumi dari Sulawesi Utara

“Jadi memang ini direncanakan menjadi agenda rutin pada tahun baru Islam atau 1 Muharram,” katanya, Ahad (7/7/2024).

Adapun kegiatan pawai obor ini diinisiasi dari lembaga yang ada di Kelurahan Sebengkok. Diantaranya, Karang Taruna, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Sebengkok.

“Cuma kan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) kan belum sempat dibentuk tahun lalu. Namun tahun ini sudah dibentuk, jadi sama-sama dengan PHBI juga,” sambungnya.

Baca Juga :  H+1 PSU, Bawaslu Tarakan Tak Temukan Indikasi Pelanggaran 

Dilanjutkannya, peringatan 1 Muharram 1446 H di Kota Tarakan hanya dilakukan oleh Keluarga Sebengkok saja. Tetapi, biasanya lembaga yang ada di Kelurahan Juata Laut juga turut mengadakan aktivitas serupa.

“Kalau tahun lalu menyambut Ramadan kan Juata Laut seperti Karang Taruna dan LPM nya mereka buat juga. Tapi tidak tahu untuk 1 Muharram ini,” tutur Heruliansyah.

Ke depan, pihaknya akan tetap memperingati hari besar Islam dengan memberdayakan lembaga yang ada di Kelurahan Sebengkok. Meski, rute yang ditempuh dalam peringatan 1 Muharram ini hanya seputar wilayah Sebengkok saja.

Baca Juga :  Perolehan Suara di PSU Meningkat, Gerindra Kokoh Pertahankan Posisi Ketua 

“Sebenarnya ada wacana dari teman-teman lain, start dari stadion sampai pertigaan Sebengkok Tiram. Itukan lebih besar lagi, tapi kalau seperti yang melaksanakan bukan kami lagi, tetapi PHBI Kelurahan Sebengkok,” pungkasnya.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2563 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *