Dwigol Merih Demiral Antar Turki Melaju ke Perempat final Piala Eropa

Jakarta- Dwigol Merih Demiral mengantarkan Turki melaju ke perempat final Piala Eropa 2024 setelah menang 2-1 atas Austria pada pertandingan 16 besar Piala Eropa 2024 di Red Bull Arena, Leipzig, Selasa setempat atau Rabu dini hari WIB.

Turki sudah dinanti oleh salah satu kandidat juara, Belanda, pada perempat final yang akan dimainkan di Berlin pada 6 Juli mendatang.

Pertandingan baru berusia satu menit saat Turki membuka keunggulan. Arda Guler melepaskan tendangan sudut yang dihalau Cristoph Baumgartner sebelum melewati garis gawang, tetapi bola sapuannya membentur rekan setimnya Stefan Posch.

Kiper Patrick Pentz lantas menghalaunya sebelum bola jatuh ke penguasaan Demiral, yang dengan cepat melesakkannya masuk ke gawang Austria.

Baca Juga :  Como 1907 Selangkah Lagi Datangkan Raphael Varane

Austria berusaha menyamakan kedudukan secepatnya. Baumgartner melepaskan tembakan melebar, sebelum Demiral mencegah pemain yang sama membobol gawang Turki ketika bola berbahaya melintasi mulut gawang Turki.

Guler hampir menggandakan keunggulan Turki, melalui sepakannya dari sisi tengah lapangan yang masih melebar dari gawang Austria.

Pelatih Austria Ralf Rangnick melakukan dua pergantian pemain saat turun minum, termasuk memasukkan Michael Gregoritsch, yang mengemas trigol saat kedua tim bertemu tiga bulan silam.

Gawang Austria mendapat ancaman saat Marko Arnautovic berada dalam situasi satu lawan satu dengan kiper Mert Gunok yang dapat dipatahkan sang kiper. Setelah itu Konrad Lainers gagal melakukan penyelesaian maksimal saat ia melaju dari tengah lapangan.

Baca Juga :  Indonesia Berhasil Tumbangkan Kamboja 2-0

Namun justru Turki yang mampu menggandakan keunggulan, ketika tendangan sudut Guler pada menit ke-59 dapat disambut sundulan Demiral. Gol tersebut sekaligus menjadikan Demiral sebagai bek Eropa pertama yang mampu mencetak dua gol pada fase gugur turnamen utama sejak Lilian Thuram melakukan hal serupa pada Piala Dunia 1998.

Austria baru mampu memperkecil ketertinggalan saat bola tenangan bebas Stefan Posch disambut sepakan Gregoritsch masuk ke gawang Turki pada menit ke-66.

Setelah itu hujan deras mengguyur lapangan di Leipzig, tetapi kedua tim tetap menampilkan permainan tempo tinggi. Dalam satu kesempatan, Sabitzer sempat terkena lemparan benda dari penonton saat ia ingin mengambil tendangan sudut.

Baca Juga :  FOPI Nunukan Gelar Turnamen Petanque antar Pelajar 

Turki memiliki peluang untuk mengemas gol ketiga bagi Turki, tetapi Baris Alper Yilmaz gagal menaklukkan kiper Pentz menjelang laga usai.

Di sisi lain lapangan, kiper Turki Gunok melakukan penyelamatan penting untuk timnya saat ia dengan lincah dapat menahan sundulan Baumgartner yang mengarah ke sudut jauh gawangnya. Turki pun mampu mempertahankan keunggulan, untuk memastikan lolos ke perempat final turnamen utama untuk pertama kalinya sejak Piala Eropa 2008.

Sumber: Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *