Brace Malen Antarkan Belanda ke Perempat Final Libas Rumania 3-0

Jakarta- Timnas Belanda melaju ke perempat final Piala Eropa (Euro) 2024, setelah melibas Rumania 3-0 dalam laga babak 16 besar, di Allianz Arena, Munich, Jerman pada Selasa (2/7) malam WIB.

Cody Gakpo membuka keunggulan untuk Belanda di babak pertama, sebelum brace (dua gol) Donyell Malen mengamankan kemenangan pasukan Ronald Koeman.

 

Di perempat final, Belanda akan menghadapi pemenang dari laga babak 16 besar lainnya antara Turki vs Austria.

 

Jalannya pertandingan

 

Peluang pertama diciptakan Belanda lewat tembakan jarak jauh Xavi Simons pada menit ke-6, tetapi bola masih bisa diamankan kiper Rumania Florin Nita.

 

Rumania balas mengancam pada menit ke-14, tetapi tembakan jarak jauh Dennis Man belum mengarah ke gawang Belanda.

 

Belanda baru berhasil membuka keunggulan pada menit ke-20 lewat aksi individu Cody Gakpo. Menerima umpan dari Xavi Simons, penyerang Liverpool itu melakukan cut-inside dari sisi kiri sebelum melepaskan tembakan yang menjebol sudut kiri gawang Rumania meski sempat mengenai tangan Nita. Rumania 0-1 Belanda.

 

Rumania mencoba untuk langsung membalas semenit kemudian, tetapi tembakan Ianis Hagi dari luar kotak penalti melenceng di sisi kiri.

 

Stefan de Vrij mendapatkan peluang Belanda pada menit ke-26 lewat sundulannya yang memanfaatkan sepak pojok melenceng dari target. Namun, upayanya belum berbuah gol.

 

Meski terus menyerang, Belanda gagal menambah keunggulan mereka hingga babak pertama berakhir. Skor tetap 1-0 untuk keunggulan Belanda.

 

Unggul satu gol di babak pertama, Belanda ingin mengamankan posisi lebih aman dengan mencetak gol kedua. Koeman memasukkan Donyell Malen untuk menggantikan Steven Bergwijn pada menit ke-46.

 

Pada menit ke-58, Belanda nyaris menggandakan keunggulan melalui sundulan Virgil van Dijk setelah menyambut sepak pojok Memphis Depay. Namun, bola hanya membentur tiang.

 

Gakpo menciptakan peluang berbahaya untuk De Oranje pada menit ke-62. Dia mendapat bola di daerah pertahanan Belanda dan menggiringnya ke depan kotak penalti Rumania sebelum melepaskan tendangan tepat sasaran. Sayangnya aksi Gakpo tersebut masih bisa diblok oleh Nita.

 

Gakpo akhirnya bisa mencetak gol keduanya pada menit ke-63 lewat tembakan dari jarak dekat. Namun, gol itu dianulir oleh VAR yang menyatakan sang pemain sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.

 

Pada menit ke-68, Memphis Depay nyaris mencetak gol. Ia dengan brilian melepaskan tembakan bebas mendatar saat pagar hidup Rumania melompat. Sayangnya, bola masih melenceng tipis di sebelah kanan gawang.

 

Belanda terus melancarkan tekanan. Namun, peluang-peluang mereka masih gagal membuahkan hasil.

 

Sebaliknya, Rumania justru kesulitan untuk membongkar pertahanan Belanda.

 

Belanda akhirnya bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-83 lewat Donyell Malen. Proses gol terjadi kembali dari aksi Cody Gakpo yang mengejutkan lini belakang Rumania sebelum mengirim bola ke Malen.

 

Malen dengan mudah menceploskan bola ke gawang Rumania untuk mengubah skor menjadi 2-0.

 

Malen kemudian kembali mencatatkan namanya di papan skor pada masa injury time. Malen berlari dari tengah lapangan dan melakukan cut-inside ke kotak penalti.

 

Dia lalu melepaskan tembakan akurat yang membuat Florin Nita mati langkah. Belanda menang 3-0 atas Rumania dan lolos ke babak perempat final Euro 2024.
Sumber: Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *