Dorong Percepatan DOB Tanjung Selor

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Utara (Kaltara) Ahmad Djufri, mengatakan desakan Lembaga Adat Kesultanan Bulungan mendesak Pemkab dan DPRD Bulungan mempercepat proses Daerah Otonom Baru atau DOB Tanjung Selor merupakan implikasi rasa jenuh masyarakat.

“Itu merupakan implikasi dari kejenuhan masyarakat yang diwakili oleh para tokoh adat melihat tidak adanya perkembangan yang dilakukan Pemkab terutama dalam pemekaran wilayah DOB Tanjung Selor,” ucapnya, Selasa (2/7/2024).

Djufrie mengatakan pada dasarnya bupati dan DPRD Bulungan telah menyetujui dan mengakomodir keinginan masyarakat dalam pemekaran Tanjung Selor berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang telah dibuat.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Berharap Target Medali Tercapai di PON XXI Aceh-Sumut

“SK persetujuannya ini sudah ada dari Bupati Bulungan dahulu untuk pemekaran wilayah secara bersungguh-sungguh. Begitu juga DPRD Bulungan,” tuturnya.

“Namun kenyataannya, berjalan hingga lima tahun, proses tersebut jalan di tempat (stagnan),” ungkapnya.

Menurutnya, masyarakat semakin kritis dalam menyikapi segala persoalaan pemerintahan. Oleh karena itu, ia berharap agar Pemkab dan DPRD Bulungan segera mengambil tindakan.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Berharap Target Medali Tercapai di PON XXI Aceh-Sumut

“Menurut informasi yang sama dapatkan, kemungkinan aka nada audiensi atau apalah itu ke bupati, gubernur dan DPRD Provinsi,” jelasnya.

Djufrie berharap agar pemerintah bersama-sama untuk menyelesaikan apa yang telah disepakati secara bersama-sama yakni DOB Tanjung Selor serta pemekaran wilayah.

“SK secara resminya ada empat, mulai dari DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, Bupati Bulungan hingga Gubernur. Dan sudah disetujui pada saat itu,”sebut Achmad Djufrie.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Berharap Target Medali Tercapai di PON XXI Aceh-Sumut

Menurutnya, perlu adanya langkah-langkah konkrit segera. Yang mana stagnasi proses DOB Tanjung Selor tersebut dikarenakan tidak kunjung adanya pemekaran wilayah.(adv)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2563 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *