PPDB SD dan SMP di Kabupaten Nunukan Dibuka Secara Online

benuanta.co.id, NUNUKAN – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2024 tingkat Sekolah Dasar (SD) dan SMP (SMP) di Kabupaten Nunukan dibuka secara online.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan Akhmad mengatakan, PPDB telah resmi dibuka secara serentak tingkat SD dan SMP yang ada di Kabupaten Nunukan sejak 1 Juli hingga 5 Juli mendatang.

“Untuk pendaftarannya dilakukan secara online, masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun untuk kuota penerimaan perjalurnya ada perubahan,” kata Akhmad kepada benuanta.co.id, Senin (1/6/2024).

Dikatakannya, jika PPDB 2023 lalu untuk tingkat SD, kouta untuk jalur Afirmasi 35 persen, jalur Zonasi 60 persen, perpindahan 5 persen. Namun untuk tahun 2024 ini kuota untuk kali zonasi 75 persen, jalur Afirmasi 20 persen dan perpindahan orang tua 5 persen.

Baca Juga :  Dukung Pelayanan Keimigrasian, Gubernur Kaltara Kunjungi Pos Lumbis di Nunukan

Sementara itu, PPDB tahun 2024 lalu untuk tingkat SMP, kuota jalur afirmasi 15 persen, jalur zonasi 50 persen, jalur perpindahan 5 persen dan jalur prestasi 30 persen.

“Untuk tahun ini, tingkat SMP kuota jalur zonasi 60 persen, afirmasi 15 persen, perpindahan orang tua 5 persen dan prestasi 20 persen,” ungkapnya.

Akhmad menuturkan, nantinya dalam pelaksanaan PPDB baik jalur Afirmasi, jalur perpindahan dan jalur prestasi kuota yang dibuka tidak terpenuhi, maka bisa dialihkan ke jalur zonasi.

Baca Juga :  Pendidikan Non Formal Solusi untuk Anak Putus Sekolah di Perbatasan

“Untuk tahun ini pendaftarannya secara online, jadi contohnya jika peserta didik mendaftar di SMP Negeri 1 namun tidak terpenuhi maka akan otomatis tergeser ke SMP Negeri 2,” ucapnya.

Selain itu, Akhmad juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mesti harus mendaftarkan anaknya di sekolah Negeri. Sebab, ia mengaku jika sekolah swasta juga memiliki kualitas yang sama baiknya dengan sekolah negeri.

Baca Juga :  Marak Pencurian, Petani Rumput Laut Minta Aparat Turun Tangan

“Untuk orang tua, juga bisa mendaftarkan anaknya di sekolah swasta, karena kualitasnya juga sama bagusnya dengan negeri,” imbuhnya.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2562 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *