Dispar Kaltara Agendakan Rakor Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata

Foto :Pantai Desa Tana Kuning, Kabupaten Bulungan.

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltara bakal adakan rakor Pengembangan, Pemasaran dan Pemberdayaan SDM Destinasi Wisata se-Kaltara di Pantai Tana Kuning, Kabupaten Bulungan pada 4 Juli mendatang.

Rakor ini sendiri merupakan salah satu kegiatan Dispar Kaltara dalam menjadikan sektor Pariwisata sebagai sektor yang membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa.

Kepala Dispar Kaltara, Njau Anau mengatakan Rakor ini nantinya akan melibatkan beberaoa pihak dari Kemenparekraf RI serta pengelola wisata se – Provinsi kaltara.

“Kita juga akan melibatkan pelaku UMKM, pengelolah wisata serta pemandu wisata yang ada di Kaltara. Makanya pemateri yang kita siapkan juga berasal dari rekomendasi Kementrian terkait,” kata Njau Anau pada Sabtu, 29 Juni 2024.

Baca Juga :  Dispar Ingin Situs Cagar Budaya Jadi Pusat Pendidikan dan Warisan Sejarah Kaltara

Rakor ini sendiri nantinya akan dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada 4 Juli hingga 7 Juli mendatang.

Njau Anau menerangkan pihaknya sangat fokus melakukan pembinaan pelaku UMKM terhadap Ekraf, para pengelolah wisata hingga pemandu wisata dan pemandu selam. Agar ke depannya semua pihak yang terlibat dalam pembangunan sektor wisata, bisa siap dalam menyambut dampak perpindahan IKN.

Baca Juga :  Akses Jalan Pengaruhi Tingkat Kunjungan Wisatawan

“Kita tidak lupa melakukan pengembangan SDM agar pertumbuhan jasa pelayanan pariwisata bisa memberikan dampak bagi para penyedia jasa layanan pariwisata,” lanjutnya lagi.

“Oleh karena itu pihaknya sangat mendorong adanya pengembangan swadaya masyarakat lokal yang ada disekitara Kawasan Desa Wisata,” ujarnya.

Adapun lokasi yany dipilih menjadi lokasi Rakor Regional ini, diakui Njau Anau karena pihaknya ingin memberikan gambaran langsung kepada para peserta Rakor terkait pengembangan sektor pariwisata yang ada di Pantai Tana Kuning, Bulungan.

“Desa Tana Kuning itu termasuk salah satu pariwisata yang cukup lengkap. Ekrafnya ada, fasilitas pariwisatanya lengkap dan pengembangan SDM-nya juga ada. Sehingga kita ingin memberikan contoh langsung kepada para peserta agar bisa diimplementasikan langsung ke Pariwsata yang ada di Daerahnya,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Akses Jalan Pengaruhi Tingkat Kunjungan Wisatawan

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2633 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *