Raih Emas di Kejurnas, IPSI Kaltara Optimis ke PON XXI Aceh-Sumut 

benuanta.co.id, TARAKAN – Dua atlet pencak silat Kaltara semakin yakin melenggang ke PON XXI Aceh-Sumut lantaran meraih medali emas saat Kejurnas di Magelang pada Rabu, 26 Juni 2024 lalu.

Raihan emas pada Kejurnas, membuat Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kaltara optimis bakal mendulang medali di PON XXI Aceh-Sumut.

Ketua IPSI Kaltara, Suroso mengatakan, kedua atletnya yakni Ahsani Abdilah dan Ismail Sahla Nurdin membuat pihaknya puas dengan hasil Kejurnas tersebut. Namun, ia berpesan kepada dua atletnya agar tak berbangga diri dan terus melakukan evaluasi untuk persiapan tampil di PON September mendatang.

“Tetap evaluasi untuk penampilan di PON nanti,” katanya, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga :  Myanmar Ditahan Imbang Laos, Australia Dipastikan Juara Grup B

Selain ikut dalam ajang Kejurnas, dua atlet pencak silat tersebut juga sudah mengikuti try out yang berlangsung 24 Juni 2024 lalu di Yogyakarta. Dalam ajang uji coba tersebut, terdapat pula atlet pencak silat dari provinsi lainnya seperti Kaltim, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Di try out ini kita uji coba atlet kita bersama provinsi lain. Hasilnya ya tetap kita akan evaluasi penampilan dari atlet kita, dengan harapan bisa tampil lebih baik di PON,” imbuh Suroso.

Adapun pelaksanaan try out kedua akan dilakukan di Malang, Jawa Timur. Lawan tanding yang akan dihadapi kedua atlet Kaltara juga masih sama. Sehingga atlet dapat menyesuaikan dan mendapatkan gambaran kondisi pertandingan di olahraga multi even empat tahunan itu.

Baca Juga :  FOPI Nunukan Gelar Turnamen Petanque antar Pelajar 

Kedua pesilat Kaltara tersebut nantinya akan tampil di PON XXI di nomor tanding seni ganda putra.

Saat ini, IPSI Kaltara juga telah memasuki tahapan training center (TC) sentralisasi yang terpusat di Kota Tarakan.

“Kita ikuti tahapan dari KONI Kaltara, TC sentralisasi IPSI Kaltara dilakukan selama tiga bulan di Kota Tarakan,” sebutnya.

Selama TC sentralisasi, atlet difokuskan latihan untuk menggembleng fisik, dan visualisasi gerakan jurus yang ditampilkan. Sejauh ini, ritme kedua atlet sudah mulai terlihat. Kendati masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu dimaksimalkan.

Baca Juga :  Indonesia Naik Satu Peringkat ke Rangking 133 Dunia FIFA

Pihaknya pun tetap berupaya untuk mempersembahkan medali bagi Kaltara dalam PON kali ini.

“Kalau kita lihat pantauan babak kualifikasi PON, sudah mendapati kekuatan semua provinsi sudah merata. Insya Allah kita tetap berupaya (meraih medali),” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2633 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *