Intensitas Hujan Diprediksi Terjadi Dua Hari ke Depan 

benuanta.co.id, TARAKAN – Berdasarkan data Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan Kalimantan Utara (Kaltara), diprediksi dua hari ke depan akan terjadi hujan.

Potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang pada pagi, siang, dan malam hari di wilayah Peso Hilir, Sekatak Sesayap, Tanjung Palas Timur, Tanjung Palas Utara, Tarakan, Tanjung Selor, Malinau Selatan Hilir, Krayan, dan Lumbis Pansiangan.

“Ini bukan karena fenomena pancaroba atau peralihan musim di suatu daerah, karena di Tarakan atau Kaltara tidak mengenal musim,” kata Forecaster on Duty BMKG Tarakan, Ida Bagus.

Baca Juga :  Menko Polhukam Jadi Saksi Pernikahan Razfidandi dan Sarah

Sementara memasuki siang hingga sore hari, wilayah Kaltara didominasi berawan hingga cerah berawan.

“Masuk pada dini hari, wilayah Sekatak, Malinau akan diprediksi hujan sedang, Tana Tidung berkabut. Sementara untuk Tarakan Tanjung Selor, krayan dan Nunukan diprediksi berawan,” ucapnya.

BMKG Tarakan juga memprediksi tinggi gelombang di Perairan Kaltara dari
arah angin Barat Laut ke Timur Laut, 2 – 20 knots dengan tinggi gelombang sekitar 1.25 – 2.5 meter. Sementara Perairan Sulawesi Bagian Barat dari arah Angin Utara ke Timur, berkisar 8 – 20 knots dengan prakiraan tinggi gelombang 1.25 – 2.5 meter.

Baca Juga :  Konektivitas Jalan Diyakini akan Berdampak pada Pembangunan Desa

Adapun suhu pada hari ini diperkirakan berkisar antara 26 hingga 30 derajat celsius. Sementara untuk kecepatan angin berkisar 8 km per jam hingga 18 knots, kelembapan 89 persen 24 celsius.

Untuk itu, ia berharap masyarakat yang hendak beraktivitas agar terus memantau informasi cuaca dari BMKG Tarakan lantaran kemungkinan cuaca ekstrem akan terjadi, peringatan ini berlaku untuk Kota Tarakan dan wilayah Kaltara. (*)

Baca Juga :  Pesta Rakyat, Resepsi Pernikahan Putra Kedua Gurbernur Kaltara Dimeriahkan Artis Ternama

Reporter : Rewinda karinata

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2563 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *