Indonesia Berada di Grup C Putaran Ketiga Bersama Jepang dan Australia

Berdasarkan laman resmi FIFA, Indonesia merupakan negara dengan peringkat terendah di Grup C yaitu peringkat 134.

China yang ada di Pot 5 berperingkat 88 dunia, Bahrain yang ada di Pot 4 berada di peringkat 81, dan Arab Saudi yang berada di Pot 3 yang pada Piala Dunia 2022 Qatar mengalahkan Argentina pada laga pembuka berada di peringkat 56 dunia.

Sementara itu, dua kontestan dengan peringkat tertinggi adalah Jepang dan Australia. Jepang merupakan negara dengan peringkat dunia tertinggi dari semua kontestan putaran ketiga zona Asia dengan peringkat 17 dunia, sedangkan Australia berada di peringkat 23 dunia.

Baca Juga :  Atlet Tunggal Sambo Putri Kaltara Jalani TC Sentralisasi di Jawa Barat

Jepang dan Australia merupakan dua negara yang akrab dengan Indonesia karena pernah bertemu di Piala Asia 2023 Qatar awal tahun ini.

Indonesia bertemu dengan Jepang pada laga terakhir dimana saat itu skor berakhir 1-3 untuk kemenangan Samurai Biru.

Lalu, untuk Australia, kedua tim bertemu pada babak 16 besar. Saat itu, Indonesia yang bermain cukup baik tak beruntung karena menyerah 0-4 dari Socceroos.

Putaran ketiga akan dimainkan dengan format penyisihan grup kandang tandang yang dimulai pada September 2024 sampai Juni 2025.

Baca Juga :  Di Maria : Juara Copa America adalah Pensiun Dengan Cara Sempurna

Dua tim teratas dari masing-masing tiga grup (total enam tim) nantinya langsung melaju ke Piala Dunia 2026, yang akan menampilkan total peserta pertama kali dengan diikuti 48 tim dan pertama kali digelar di tiga negara tuan rumah yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Tim peringkat ketiga dan keempat di setiap grup (total enam tim) dari babak grup putaran ketiga akan melaju ke babak kualifikasi putaran keempat.

Mereka akan dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari tiga tim dengan pertandingan yang akan dimainkan pada bulan Oktober dan November 2025 di mana dua negara berikutnya yang merupakan peringkat teratas setiap grup akan mendapatkan tiket kualifikasi otomatis.

Baca Juga :  Final Euro 2024: Trofi Keempat Spanyol atau Piala Perdana Inggris?

Indonesia menorehkan sejarah lolos ke putaran ketiga untuk pertama kalinya setelah menjadi runner-up Grup F dengan 10 poin, di bawah Irak yang sempurna dengan 18 poin. Tim Garuda merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke putaran ketiga.

Berikut pembagian grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

Grup A
Iran
Qatar
Uzbekistan
Uni Emirat Arab
Kirgistan
Korea Utara

Grup B
Korea Selatan
Irak
Jordania
Oman
Palestina
Kuwait

Grup C
Jepang
Australia
Arab Saudi
Bahrain
China
Indonesia.

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2563 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *