Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan, Pemda Bulungan Revitalisasi Pelabuhan Kayan II

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten Bulungan terus berupaya melakukan pembenahan berbagai fasilitas umum demi kenyamanan dan keamanan masyarakat. Salah satunya Pelabuhan Kayan II yang tahun ini dilakukan revitalisasi ponton dermaga kedatangan dan keberangkatan termasuk penataan ruang tunggu penumpang.

Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd.M.Si mengatakan, proses revitalisasi ruang tunggu hingga ponton Dermaga Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor dilakukan sebagai upaya meningkatkan kenyamanan dan keamanan masyarakat yang menggunakan moda transportasi air baik masuk maupun keluar Bulungan.

“Ketika orang tiba dari Tarakan misalnya tidak perlu lagi ke ruang tunggu lagi langsung menuju tempat parkir. Kita lakukan penataan agar ruang tunggu bisa kita dimaksimalkan sehingga memberikan kenyamanan bagi para penumpang saat menunggu keberangkatan,”kata bupati.

Baca Juga :  PUPR Bulungan Petakan Ruas Jalan yang Ditangani APBD Murni 2024

Selain itu, upaya penataan juga dilakukan untuk stand para pedagang yang sebelumnya berada di dalam dipindahkan ke sisi luar. Agar memberikan banyak ruang untuk dimanfaatkan bagi ruang tunggu penumpang.
“Nantinya di dalam murni bagi para penumpang yang menunggu keberangkatan,” singkatnya.

Untuk menambah kenyamanan dan upaya memperkenalkan lagu daerah di ruang tunggu Pelabuhan Kayan II nantinya juga akan diputar berbagai lagu daerah, termasuk menempelkan berbagai ornamen etnik dan tujuan wisata menarik yang ada di Kabupaten Bulungan.

Baca Juga :  PUPR Bulungan Petakan Ruas Jalan yang Ditangani APBD Murni 2024

“Untuk semakin menambah kenyamanan di ruang tunggu saya juga sudah minta Kepala Dinas Perhubungan. Bisa rekaman atau live musik, yang menampilkan lagu daerah kita, termasuk ornamen yang mencirikan masyarakat asli Bulungan,” tambah bupati.

Sedangkan untuk ponton kedatangan maupun keberangkatan tahun ini dilakukan penganggaran untuk pengadaan 2 unit ponton dan fasilitas jembatan penghubungnya, dengan alokasi anggaran lebih dari Rp 5 Miliar.
“Pergantian ponton kedatangan maupun keberangkatan, juga sudah dianggarkan tahun ini. Sebanyak 2 unit, kiri dan kanan termasuk jembatan penghubungnya nilainya diatas Rp 5 Miliar,” tuntasnya.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *