Launching Sekolah Lapang, DPKP Sebut Sebagai Sarana Peningkatan SDM Pertanian

KARANG AGUNG – Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Ir. Heri Rudiyono, M.Si., membuka launching Sekolah Lapang Tanaman Padi Tahun 2024 di Desa Karang Agung, Tanjung Palas Utara, Rabu (26/6) pagi.

Mengusung tema “Maju, Mandiri, Modern”, Sekolah Lapang ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan para petani untuk dapat meningkatkan kualitas pertanian yang berpedoman pada Sapta Usaha Tani.

Baca Juga :  Intensitas Hujan Semakin Tinggi, BPBD Himbau Masyarakat Lakukan Mitigasi Bencana

“Diharapkan kepada para petani nantinya dapat meningkatkan hasil produksi padi. Dengan pengetahuan tentang pemilihan benih yang baik, proses yang baik serta nantinya dapat menghasilkan padi yang baik juga,” ungkap Heri.

Menurutnya, dalam Sekolah Lapang ini para petani akan diberikan pengetahuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam proses pertanian dari pra produksi hingga pasca produksi yang nantinya akan didampingi oleh para penyuluh pertanian yang menaungi para kelompok tani yang ada.

Baca Juga :  Bantuan PKH Beri Dampak Positif

“Dalam sekolah ini juga nanti segala permasalahan petani bisa carikan solusi, baik itu pemilihan benih, masalah irigasi, penanganan hama bahkan hingga panen dan pasca panennya,” lanjutnya.

Acara Sekolah Lapang ini diikuti oleh 5 (lima) kelompok tani yang berasal dari Desa Karang Agung dan sekitarnya. Yang mana setiap kelompok tani terdiri dari 30-35 orang.

Baca Juga :  BKPRMI Diharapkan Dorong Sinergitas Bersama Membangun Kaltara

Dan acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan serta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Tanjung Palas Utara.(dkisp)

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2652 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *