DPRD Kaltara Sampaikan Beberapa Catatan Strategis

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Rapat Paripurna ke – 18 Masa Persidangan II Tahun 2024 dengan agenda Persetujuan Bersama Atas Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023.

Rapat yang dilaksanakan pada hari Selasa (25/6) dipimpin oleh Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Utara (Kaltara) Andi Hamzah.

Andi Hamzah menyampaikan laporan Badan Anggaran Ranperda pertanggungjawaban APBD Tahun 2023. Dalam penyampaiannya, beliau menyampaikan beberapa catatan strategis diantaranya yaitu DPRD sangat mengapresiasi atas pencapaian pemerintah dalam mencapai opini WTP selama 10 kali berturut-turut, dengan beberapa catatan rekomendasi, Untuk itu DPRD berharap Pemprov dapat segera menyelesaikan tindak lanjut hasil rekomendasi pemeriksaan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Baca Juga :  Pansus I DPRD Kaltara Bahas RPJPD 2025-2045

“Terhadap realisasi pelaksanaan APBD Tahun 2023, DPRD sangat mengapresiasi kegigihan pemerintah hingga mencapai capaian melebihi target sebesar 102,51 persen,” katanya.

Dengan pencapaian ini diharapkan Pemprov Kaltara dapat lebih semangat dalam menggali potensi yang ada di Provinsi Kaltara. Kemudian dalam hal Pos belanja daerah, masih belum optimal di realisasikan yang hanya sebesar 92,32 persen.

Baca Juga :  Pansus III Bahas Ranperda Penyelanggaraan Perlindungan Tenaga Kerja

“Untuk itu diharapkan kepada Pemprov Kaltara agar terus dapat meningkatkan realisasi, sehingga dapat mencapai sasaran target dari masing-masing organisasi,” sebutnya.

Realisasi pendapatan daerah yang mengalami SiLPA (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran) untuk itu diharapkan kepada Pemprov Kaltara untuk dapat mengoptimalkan belanja daerah sehingga mencapai sasaran dari target organisasi. Dan beberapa catatan strategis lainnya dari Banggar.

Usai melakukan penandatangan nota persetujuan bersama Pimpinan DPRD, Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang, juga mengucapkan terima kasih kepada DPRD atas apresiasi dan masukan dan catatan dalam pengelolaan keuangan dan melakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD.

Baca Juga :  Pansus I DPRD Kaltara Bahas RPJPD 2025-2045

“Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2023 yang telah diajukan oleh pemerintah. mengucapkan terimakasih kepada DPRD yang telah menerima untuk merekomendasi terhadap anggaran 2023,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2652 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *