Disdikbud Kaltara Monitoring Pelaksanaan PPDB di Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan monitoring Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA dan SMK di sekolah yang ada di Tarakan pada Rabu, 26 Juni 2024.

Sekretaris Disdikbud Kaltara, Sudarsono menjelaskan, berdasarkan hasil monitoring, pelaksanaan PPDB berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan sesuai peraturan yang berlaku.

“Tidak ada penyimpangan, kami melaksanakan PPDB juga sesuai dengan jalur dan jadwal. Mulai dari jalur prestasi, perpindahan orang tua dan afirmasi. Kemudian kita tutup dan kita umumkan, yang tidak lolos kita sarankan mendaftar di zonasi,” jelasnya, Rabu (26/6/2024).

Ia menegaskan, pada PPDB kali ini, pihaknya banyak memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk bersekolah. Hal ini juga sejalan dengan arahan Gubernur Kaltara agar pelaksanaan PPDB sesuai dengan koridor yang sudah ditentukan.

“Semua masyarakat berhak bersekolah, asalkan sesuai dengan zona. Kami memberikan kesempatan di berbagai jalur, ketika tidak lolos disitu masih ada jalur zonasi. Tidak ada masyarakat yang kami rugikan,” tegasnya.

Terlebih dengan jumlah sekolah jenjang SMA dan SMK dinilai cukup untuk mengakomodir lulusan SMP kisaran 11 ribu siswa. Ditambah dengan pendirian tiga sekolah baru di Tarakan, Sei Menggaris Nunukan dan Kabupaten Tana Tidung.

Ia juga meminta agar masyarakat menghilangkan stigma sekolah favorit. Lantaran saat ini semua sekolah dinilai memiliki kualitas yang sama baiknya.

“Semua guru-guru memiliki kualifikasi, lulus juga pada bidang-bidangnya,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2630 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *