PPDB Jalur Zonasi Dibuka, SMA Negeri 1 Bakal Terima 432 Siswa Tahun Ini

benuanta.co.id, TARAKAN – Pelaksanaan pendaftaran PPDB di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tarakan jalur zonasi telah dibuka mulai Selasa (25/5/2024) hari ini.

PPDB yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 membuka pendaftaran melalui beberapa jalur yakni afirmasi dengan kuota mencari 20 persen atau sekitar 86 siswa, jalur prestasi 15 persen dengan 65 siswa dan terakhir jalur perpindahan orang tua atau mutasi sebanyak 6 persen atau 22 siswa.

Jalur telah dibuka mulai hari ini hingga 28 Juni 2024 mendatang sedangkan jalur prestasi telah selesai dilaksanakan pada 24 Juni 2024 kemarin.

Plt Kepala SMA Negeri N 1 Tarakan, Ranti Jumarni, mengatakan daya tampung SMAN 1 Tarakan sebanyak 12 rombel di mana per rombel diisi 36 siswa sehingga total tahun ini pihaknya akan menerima  sebanyak 432 siswa.

“Persiapan kami sendiri sudah cukup lama karena memang dari provinsi kami diminta untuk menyosialisasikan kepada masyarakat dan ami sudah sosialisasi mengundang seluruh SMP yang ada di wilayah zonasi kami,” ujarnya.

Lanjutnya, pihaknya sudah menyasar beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang masuk dalam zonasi SMA Negeri 1 yakni SMP Negeri 2 Tarakan, SMP Negeri 4, Tunas Kasih dan SMP swasta lainnya.

Selain itu, tim penerimaan PPDB SMA Negeri 1 pun mulai memvalidasi baik jalur prestasi jalur mutasi atau perpindahan orangtua dan jalur afirmasi.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, setiap tahun SMA Negeri 1 selalu kebanjiran pendaftar. Kuota bahkan melebihi dan harus ada yang tergeser dari posisi pendaftaran.

“Belum pernah kami kekurangan siswa tapi yang ada malah kita harus membuang. Setiap tahunnya sekitar 100-an lebih,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2639 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *