Job Fair di Berau, Perusahaan Tambang dan Sawit Buka Loker

benuanta.co.id, BERAU – Job Fair 2024 akan digelar pada bulan Agustus mendatang oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Berau.

Bupati Berau Sri Juniarsih mengatakan, event Job Fair diselenggarakan untuk membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran di Kabupaten Berau.

“Berharap semakin banyak keterlibatan perusahaan dari berbagai sektor di event tahunan tersebut dan perusahaan yang ikut lebih banyak dari tahun 2023 lalu. Serta serapan tenaga kerja juga dapat lebih meningkat,” ungkapnya, Selasa (25/6/2024).

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penempatan dan Perluasan Kerja Disnakertrans Berau, Dewi Rakhmasari mengatakan bakal berupaya meningkatkan keterlibatan perusahaan di Job Fair kali ini.

Baca Juga :  Pelaksanaan CASN Berau Masih Menanti Validasi Pusat

“Kalau tahun 2023 lalu, itu hanya ada 17 perusahaan saja yang ikut. Tahun ini semoga bisa lebih,” ujarnya.

Diketahui, tahun 2023 lalu ada dua perusahaan yang menjadi narasumber yang memberi bimbingan dan konseling bagi calon pencari kerja.

“Peserta yang terlibat sebanyak 775 orang, dan berkas lamaran yang masuk sebanyak 1.814,” ucapnya.

Kegiatan Job Fair merupakan sarana para pencari kerja dalam mendapat informasi lowongan, hingga kesempatan untuk bekerja pada perusahaan-perusahaan yang terlibat Job Fair.

Baca Juga :  Tinjau Kawasan Tepian Ahmad Yani, Bupati Berau: Lebih Rapi

“Tentunya tetap harus sesuai kualifikasi yang diharapkan perusahaan. Yang jelas, informasi terkait lowongan pekerjaan bisa diakses para pencari kerja di Job Fair nanti,” paparnya.

Disnakertrans juga dikatakannya, akan menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang telah memiliki Bursa Kerja Khusus (BKK) untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Pada kegiatan Job Fair akan dibuka semua lini sektor baik pertambangan maupun perkebunan sawit,” tuturnya.

Baca Juga :  Proyek Pembangunan RSUD Tanjung Redeb Baru 34 Persen

Kegiatan juga diselingi dengan seminar, yang akan menebar banyak ilmu dan informasi bagi para calon pencari kerja.

“Harapannya serapan tenaga kerja juga bisa lebih meningkat dibanding tahun sebelumnya. Perusahaan juga dapat memprioritaskan pencari kerja lokal,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2636 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *