Gol Menit Akhir Mattia Zaccagni Sempitkan Harapan Kroasia di Euro

Jakarta – Laga antara timnas Italia melawan Kroasia pada laga terakhir babak penyisihan grup Euro atau Piala Eropa 2024 Grup B di Red Bull Arena, Leipzig, Selasa dini hari WIB berakhir seri 1-1.

Gol larut Mattia Zaccagni berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 sekaligus membuyarkan kemenangan Kroasia melalui gol kapten mereka Luka Modric.

Berkat hasil ini Italia menemani Spanyol lolos ke babak fase gugur, sedangkan untuk Kroasia, peluang mereka menuju ke fase gugur sangat tipis karena harus menunggu kepastian hasil laga Denmark, Slovenia, dan Serbia dari Grup C serta Ceko dan Georgia dari Grup F.

Kroasia yang mencari kemenangan untuk menghidupkan langkah mereka ke babak fase gugur langsung memperoleh peluang pada menit-menit awal dimana Luka Sucic mengancam Gianluigi Donnarumma dengan tendangan kerasnya pada menit ke-4.

Baca Juga :  Rodri, Pemain Terbaik Euro 2024

Tendangan kaki kiri Lucic tepat sasaran, tapi Donnarumma masih sangat sigap mengamankan gawangnya untuk kebobolan terlalu dini.

Pada menit ke-20, Italia membalas serangan Kroasia melalui sundulan Mateo Retegui yang memenangi duel dengan Josko Gvardiol, yang sayangnya masih tipis di samping gawang.

Enam menit kemudian, Azzurri hampir memecah kebuntuan andaikan sundulan bebas Alessandro Bastoni saat menyambut umpan rekan setimnya di Inter Milan Nicolo Barella tidak diamankan Dominik Livakovic.

Kedua tim saling mencari gol pada babak pertama. Namun, hingga wasit meniup peluit untuk turun minum, laga masih berakhir 0-0.

Memasuki babak kedua, Kroasia mendapatkan penalti pada menit ke-53 ketika Davide Frattesi tidak sengaja menyentuh bola dengan tangannya di kotak terlarang.

Baca Juga :  Uruguay Juara Ketiga Copa America 2024 usai Menang Adu Penalti

Modric yang ditunjuk sebagai algojo tak menunaikan tugasnya dengan baik setelah tendangannya ditebak oleh Donnarumma.

Bola tepisan Donnarumma masih dikuasai anak-anak Kroasia dan satu menit kemudian, pemain veteran itu mampu membalaskan kesalahannya dengan membawa Vatreni unggul melalui tendangan jarak dekatnya, memanfaatkan bola tepisan Donnarumma saat mengamankan sundulan Ante Budimir.

Kroasia unggul 1-0 dan Modric sebagai pencetak gol merupakan pencetak gol tertua di Euro dengan usia 38 tahun 289 hari, melewati catatan yang sebelumnya diukir Ivica Vastic pada usia 38 tahun 257 hari saat membawa Austria bermain imbang 1-1 Polandia pada Euro 2008.

Selepas gol itu, Italia yang membutuhkan hasil seri untuk menemani Spanyol lolos terus menggempur pertahanan Kroasia.

Baca Juga :  Final Euro 2024: Trofi Keempat Spanyol atau Piala Perdana Inggris?

Akhirnya, usaha itu menemukan hasilnya ketika pemain pengganti Zaccagni mencatatkan namanya ke papan skor pada menit ke-90+8.

Penyerang 29 tahun milik SS Lazio itu melepaskan tendangan plessing akurat saat menaklukkan Livakovic, setelah memanfaatkan tusukan Riccardo Calafiori dari jantung pertahanan.

Kroasia kembali mengulangi kesalahannya seperti laga melawan Albania ketika mereka juga kemasukan gol pada menit-menit akhir yang membuyarkan tiga poin yang sudah ada di depan mata.

 

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2563 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *