DKP Kaltara Canangkan Tarakan jadi Lumbung Bandeng

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mencanangkan wilayah Kaltara akan menjadi lumbung bandeng. Diketahui, bandeng merupakan salah satu komoditas Kaltara yang menjual hingga ke luar negeri.

Kepala DKP Kaltara, Rukhi Syayahdin mengatakan, terdapat dua komoditas perikanan yang unggulan di Kaltara, yakni udang dan bandeng. Menurutnya, komoditas bandeng di Kaltara berbeda dengan bandeng lainnya. Terlebih soal rasa dari kualitas daging ikan tersebut.

“Rasa bandeng kita beda, karena saat dibudidayakan di tambak itu tidak pernah pakai pakan. Semua pakannya alami,” katanya, Selasa (25/6/2024).

Baca Juga :  DKP Kaltara Komitmen Lakukan Pendampingan Terhadap Perizinan Pelaku Usaha Perikanan 

Ia melanjutkan, produksi komoditas bandeng sendiri merupakan salah satu yang terbesar di Kaltara. Pihaknya pun terus beracuan terhadap wilayah yang juga menghasilkan produksi bandeng tinggi seperti, Gresik dan Sulawesi Selatan.

“Makanya kita mau mengangkat wilayah Kaltara ini menjadi lumbung bandeng nasional,” lanjutnya.

Dalam mewujudkan wacana tersebut, DKP Kaltara telah menggandeng petambak bandeng untuk terus mengembangkan budidaya. Terlebih, ikan bandeng dinilai memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga tak mudah terserang penyakit.

Baca Juga :  DKP Kaltara Komitmen Lakukan Pendampingan Terhadap Perizinan Pelaku Usaha Perikanan 

“Kalau udang kan masih sering ada yang terkena virus, kalau ikan bandeng kan keras ya kuat. Apalagi panennya juga dua kali dalam enam bulan,” tutur Rukhi.

Pembinaan ke petambak sendiri sudah terdapat sistem Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB). Terdapat tim budidaya dari DKP Kaltara yang rutin menyambangi para petambak. Adapun teknik yang dibagikan ialah bagaimana cara menangani bibit dan tambak itu sendiri.

Baca Juga :  DKP Kaltara Komitmen Lakukan Pendampingan Terhadap Perizinan Pelaku Usaha Perikanan 

“Itu harus dilatihkan semua. Bagaimana kita mendampingi, biasa kita juga penyuluhan, walaupun belum maksimal. Terlebih tambak di Kaltara luas,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *