Dispar Kaltara Sebut Pramuwisata Profesi Menjanjikan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Usai menggelar pelatihan pemandu wisatawan bersama Himpunan Pramuwisata (HPI) se-Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kaltara berharap agar ke depannya profesi pramuwisata atau pemandu wisata bisa menjadi profesi menjanjikan untuk anak-anak Kaltara.

Menurut Njau Anau, kepala Dispar Kaltara, profesi pramuwisata bisa menjadi salah satu solusi untuk menekan angka pengangguran di Kaltara, khususnya untuk pemberdayaan masyarakat di sekitar desa wisata.

Baca Juga :  Akses Jalan Pengaruhi Tingkat Kunjungan Wisatawan

“Target kita setiap desa wisata yang ada di Kaltara itu memiliki pramuwisata karena bagaimanapun yang namanya Wisman pasti membutuhkan jasa pramuwisata,” kata Njau pada Rabu, 25 Juni 2024.

Njau menambahkan setiap profesi Pramuwisata tentunya harus mendapatkan rate harga yang sesuai untuk profesinya. Sehingga hal itu nantinya dapat menjadi pemasukan yang tetap untuk pramuwisata yang ada di Kaltara.

“Rate harganya saat ini masih ditetapkan secara swadaya saja, makanya ke depan kita ingin ada rate harga untuk jasa mereka. Khususnya saat mendampingi tamu-tamu Pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga :  Dispar Ingin Situs Cagar Budaya Jadi Pusat Pendidikan dan Warisan Sejarah Kaltara

Saat mengadakan pelatihan khusus pramuwisata, Dispar Provinsi Kaltara bersama perwakilan Kemenparekraf RI memberikan beberapa pelatihan dan penekanan yang harus dikuasai oleh pramuwisata seperti menguasai bahasa asing serta menguasai literasi terkait pariwisata yang ada.

“Dua hal itu menjadi sangat vital karena melalui pramuwisata lah kita mempromosikan pariwisata kita serta melayani Wisman yang datang berkunjung,” lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Dispar Ingin Situs Cagar Budaya Jadi Pusat Pendidikan dan Warisan Sejarah Kaltara

“Makanya bagi pramuwisata yang ikut kegiatan ini, kita berikan sertifikasi bukti kalau mereka pramuwisata yang layak atau lulus sebagai pramuwisata profesional,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *