SMAN 2 Nunukan Buka Kuota 5 Kelas, 70 Persen Jalur Zonasi

benuanta.co.id, NUNUKAN – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 di SMA Negeri 2 Nunukan membuka kuota penerimaan 180 calon siswa untuk lima kelas.

Ketua Panitia PPDB SMAN 2 Nunukan, Tri Aprini Prihatin mengatakan, jumlah kuota ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan PPDB 2023 lalu.

“Tahun lalu kita buka hanya untuk 3 kelas atau untuk 108 calon siswa, untuk tahun ini kita buka untuk 5 kelas,” kata Aprini kepada benuanta.co.id, Senin (24/6/2024).

Dikatakannya, untuk pendaftaran PPDB kali ini dilakukan secara bertahap, untuk jalur afirmasi, perpindahan dan jalur prestasi dibuka sejak tanggal 20 hingga 24 Juni, sementara untuk jalur zonasi akan dibuka pada tanggal 25 hingga 28 Juni.

“Untuk hasil pengumumannya nanti tanggal 29 Juni, sementara untuk pelaksanaan daftar ulang akan dilakukan pada tanggal 1 hingga 5 Juli mendatang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gubernur Zainal Minta Peserta O2SN Sportif Bertanding

Ia mengatakan, untuk daya tampung jalur zonasi yakni 70 persen untuk 126 peserta didik, sementara jalur afirmasi 15 persen atau untuk 27 peserta didik, jalur perpindahan orang tua 2 persen atau untuk 4 peserta didik dan jalur prestasi 13 persen atau untuk 23 peserta didik.

Dijelaskannya, untuk persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh peserta didik yakni Akta Kelahiran Usia Minimal 21 Tahun, Ijazah SMP/Sederajat (SKL bagi ijazah yang belum terbit), Kartu Keluarga (KK) Terbit Minimal 1 Tahun Sebelum Tanggal Pendaftar, KTP Orang Tua/Wali, Pas Foto 3×4 Latar Biru.

Sementara itu, untuk syarat jalur Afirmasi, calon peserta didik harus memiliki Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Non Tunai (BPNT)dan Kartu Indonesia Pintar (KIP), bisa dari luar zona maupun dalam zonasi dan wajib mengisi surat pernyataan keaslian dokumen.

Baca Juga :  PPDB Ditutup, Disdikbud Lakukan Perangkingan bagi Pelajar Belum Tertampung 

Sementara itu, untuk jalur prestasi, peserta didik harus menyertakan bukti memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akademik baik tingkat Kabupaten, Kota, Provinsi, Nasional, Internasional. Lalu, daftar Nilai raport semester 2 sampai dengan 6, berasal dari luar zonasi maupun dalam Zonasi dan surat keterangan berprestasi dari kepala sekolah.

“Kalau untuk syarat perpindahan, yakni
surat penugasan orang tua dari kantor, instansi keterangan domisili,” jelasnya.

Untuk anak guru yang mendaftar di sekolah tempat orang tua, wali Mengajar dan memasukkan SK pembagian tugas semester genap 2023/2024.

Baca Juga :  Kota Tarakan Juara Umum O2SN Jenjang SD dan SMP 

Aprini menyatakan, sementara itu untuk syarat jalur zonasi, calon peserta didik harus memiliki alamat dan KK sesuai dengan wilayah zona SMA Negeri 2 Nunukan.

“Untuk wilayah zonasinya yakni untuk Kelurahan Nunukan Tengah, Nunukan Barat, Nunukan Timur dan Nunukan Utara,” terangnya.

Ia mengatakan, untuk pendaftaran nya dilakukan secara online yakni dengan mengakses link PPDB.KALTARAPROV.GO.ID.

“Alhamdulillah, selama pelaksanaan beberapa hari ini berjalan dengan lancar, semoga hingga pelaksanaannya selesai tidak ada ada kendala,” pungkasnya.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2563 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *