Diikuti 3.447 Calon Peserta Didik, PPBD Jalur Afirmasi hingga Prestasi Resmi Ditutup

benuanta.co.id, TARAKAN – Pendaftaran Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua/wali telah ditutup pukul 12.00 WITA, Senin, 24 Juni 2024. Ketiga jalur tersebut sebelumnya sudah dibuka untuk pendaftaran peserta didik baru sejak 20 Juni 2024 lalu.

Ketua Panitia PPDB se-Kaltara, Hasanuddin menguraikan, rincian pendaftar hingga ditutupnya ketiga jalur tersebut sebanyak 3.447 calon peserta didik.

Diantaranya 2.010 jenjang SMA dan 1.437 jenjang SMK. Data tersebut terbagi lagi di setiap kabupaten kota, untuk Kabupaten Bulungan terdapat sebanyak 623 pendaftar, Kabupaten Malinau 294 pendaftar, Kabupaten Nunukan 897 pendaftar, Kabupaten Tana Tidung 60 pendaftar dan Kota Tarakan 1.573 pendaftar.

Baca Juga :  Sekprov Kaltara Buka Bimtek Asesmen Nasional Jenjang SMA Tahun 2024

“Jadi lebih ramai di Tarakan. Dari data itu untuk jalur afirmasi terdapat 828 pendaftar, perpindahan orang tua 166, prestasi 859,” urainya, Senin (24/6/2024).

Pada tahun ini, SMA swasta juga bergabung menggunakan aplikasi pendaftaran PPDB dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, dengan rincian pendaftar sejauh ini sebanyak 241 calon peserta didik.

Sementara untuk pendaftar jenjang SMK terdapat jalur reguler swasta sebanyak 103 pendaftar, gakin 2.032 pendaftar dan domisili terdekat sebanyak 1.587 pendaftar.

“Ini kondisi sampai hari ini. Kita juga sudah verifikasi pelan-pelan ya dari hari pertama. Walaupun sudah diverifikasi kalau anak mau pindah tempat lain silahkan. Terakhir verifikasi kita hari ini sampe jam 18.00 WITA,” imbuh Hasan.

Baca Juga :  Sekprov Kaltara Buka Bimtek Asesmen Nasional Jenjang SMA Tahun 2024

Dilanjutkannya, untuk sisa kuota pada tiga jalur yang sudah ditutup, pihaknya akan mengalihkan ke kuota zonasi. Sehingga terdapat kuota tambahan untuk jalur zonasi yang dijadwalkan dibuka pada Selasa, 25 Juni 2024.

“Jika ada kuota yang tidak terpenuhi di satuan pendidikan, kami akan tarik sisa kuota ke jalur zonasi, untuk SMA dan reguler SMK. Jangan khawatir akan kita tambah zonasi,” lanjutnya.

Menurutnya, sejauh ini jumlah pendaftar masih stabil dengan angka tahun lalu. Pihaknya menilai pada tahun ini calon peserta didik sudah memahami teknis pendaftaran, sehingga pihaknya tak menerima permasalahan yang spesifik hingga hari keempat PPDB dibuka.

Baca Juga :  Sekprov Kaltara Buka Bimtek Asesmen Nasional Jenjang SMA Tahun 2024

“Sosialisasi kami kemarin juga panjang, persiapan kami juga matang. Mulai Januari kami persiapkan, pemahaman teman-teman di satuan pendidikan terutama operator itu sudah cukup, dibanding tahun kemarin,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2657 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *