Banuanta Barsatu Siap Bersinergi dengan Program Pemerintah Daerah

benuanta.co.id, BERAU – Pengurus dan anggota Banuanta Barsatu meliputi DPP, PAC melalukan apel pagi bersama di halaman kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Berau.

Ketua Umum Banuanta Barsatu Kabupaten Berau Aji Mael mengatakan, Banuanta Barsatu sejak didirikannya pada tahun 2016 telah berkembang dengan tetap menjaga visi misinya.

“Ini dicetuskan oleh beberapa kampung di Kecamatan Gunung Tabur, Kecamatan Sambaliung dan beberapa kampung di daerah sekitarnya,” ucapnya, Senin (24/6/2024).

Lanjutnya, Mubes Banuanta Bersatu ini adalah agenda rutin 5 tahunan sekali, dengan melihat semangat anggota yang ingin turut serta hadir

“Maka Apel Akbar ini kami laksanakan sebagai rangkaian dari musyawarah besar Banunta Barsatu dengan maksud memberikan ruang dan menunjukkan spirit kesolidan antara kami anggota Banuanta Barsatu,” ungkapnya.

Baca Juga :  Punya Kebun Cokelat Sejak 2002 dan Dapat Pembinaan Penuh dari PT Berau Coal

Ia akui Mubes dan Apel Banuanta Barsatu meski mendapatkan bantuan dari pihak ke-3 dan hanya sebagian kecil, kegiatan tersebut sebagian besar bisa terlaksana karena kemandirian anggotanya.

“Berikut 2 ribu lebih keanggotaan Banuanta Barsatu se-kabupaten Berau. Apa yang saudara saksikan hari ini kegiatan sebesar ini adalah bentuk salah satu soliditas dan kebersamaan kami dalam wadah rumah besar Banuanta Barsatu,” ujarnya

Pihaknya menegaskan sangat miris kondisi sekarang upaya subversif, intervensi dengan gaya premanisme terhadap pemaksaan pengerusakan pengerukan sumber daya alam yang ada di Berau.

“Yang dilakukan secara sepihak tanpa memandang hak-hak dan norma yang berlaku dimasyarakat,” bebernya.

Alhasil dirinya menentang upaya premanisme tersebut dengan cara menjunjung hukum dan peraturan yang berlaku.

Baca Juga :  Berkas Pelaku Pembunuhan di Teluk Bayur Masih Dilengkapi

“Dan menghormati norma serta adat Istiadat kearifan lokal Berau. Kami menyaksikan pengerukan hasil alam dengan tidak mengidahkan norma-norma yang berlaku waktu siang hari bolong,” imbuhnya.

Alhasil dirinya menyatakan ingin tambang ilegal stop operasi dalam upaya subversif atau memutar balik fakta pengrusakan alam.

“Kami menentang sebagai penghalang investasi penghalang pertumbuhan ekonomi sementara nyata-nyata kegiatan tersebut merusak alam secara ilegal,” tegasnya.

Kendati demikian, kata dia, Banuanta Barsatu selalu siap untuk bersinergi menjaga dan menyukseskan program pemerintah yang pro terhadap rakyat.

“Seperti hal yang sangat membanggakan bagi kita masyarakat Kalimantan Timur, adanya perpindahan Ibu Kota Negara yaitu Ibu Kota Nusantara,” jelasnya.

Tak hanya itu, dirinya menegaskan Banuanta Barsatu akan siap menjaga dan berkontribusi terhadap suksesi Ibu Kota Nusantara.

Baca Juga :  Lahan Bermasalah, Gedung SD di Pulau Derawan Terancam Ditutup

“Maka menyikapi beragam hal tersebut kami Banunta Barsatu sudah menyampaikan pernyataan sikap dan petisi yang telah kami rumuskan secara berjenjang,” urainya.

Hal itu dirumuskan pada rapat seluruh pengurus DPC PAC Banuanta Barsatu tanggal 25 Mei 2024 bertempat di Hotel Grand Parama Berau

“dan menghasilkan pernyataan sikap petisi yang nanti akan disampaikan oleh Sekretaris Umum DPP Banuanta Barsatu ke DPRD,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *