5 Kecamatan di Berau akan PSU pada 26 Juni Mendatang

benuanta.co.id, BERAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau telah mengadakan sosialisasi persiapan Penghitungan Surat Suara Ulang (PSSU) Pemilihan Umum DPR RI Tahun 2024 di ruang rapat KPU Berau, Jumat (21/6/2024) lalu.

Sosialisasi ini dihadiri Ketua Bawaslu Berau, Polres Berau, Kodim 0902/Bru, Kesbangpol Berau, Pos TNI AL Berau, Perwakilan Partai Politik, dan beberapa pihak terkait.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau Budi Harianto mengatakan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 55-02-02-12/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 yang mengharuskan pelaksanaan penghitungan ulang di 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Berau.

Baca Juga :  Telaga Biru Kembali Dibuka untuk Umum

“Pentingnya melaksanakan keputusan Mahkamah Konstitusi tersebut harus dilaksanakan paling lambat 21 hari sejak diterbitkan,” ujarnya Senin (24/6/2024).

Ia menambahkan bahwa penghitungan suara ulang akan dilaksanakan pada Rabu, 26 Juni 2024 di ruang rapat BPBD Berau.

“Enam TPS yang akan dihitung ulang terdiri dari 1 TPS di Tanjung Redeb, 2 TPS di Teluk Bayur, 1 TPS di Sambaliung, 1 TPS di Biatan, dan 1 TPS di Talisayan,” ungkapnya.

Budi juga menekankan pentingnya partisipasi dan transparansi dalam proses ini. “Kami akan memberikan surat kepada partai politik terkait penunjukan saksi. Saksi-saksi harus diberikan mandat resmi,” ucapnya.

Baca Juga :  Lahan Bermasalah, Gedung SD di Pulau Derawan Terancam Ditutup

Kotak suara yang akan digunakan dalam penghitungan ulang telah dipindahkan dari gudang logistik KPU ke ruang rapat KPU Berau.

“Tadi kotak suara sudah tiba dan kini berada di ruang rapat KPU Berau. Ada 6 kotak surat suara DPR RI yang siap untuk dihitung ulang,” bebernya.

Ia berharap proses penghitungan ulang ini dapat berjalan dengan baik dan transparan, dengan koordinasi yang solid dari semua pihak yang terlibat.

Baca Juga :  Berkas Pelaku Pembunuhan di Teluk Bayur Masih Dilengkapi

“Dengan koordinasi semua pihak, saya berharap hasilnya bisa diterima oleh peserta Pemilu maupun masyarakat pada umumnya. Saya juga berharap pelaksanaan PSSU ini berlangsung aman dan tertib,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2631 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *