Cabor Layar Sentralisasi di Tiga Tempat Berbeda, Maksimalkan Tampil di PON XXI Aceh-Sumut

benuanta.co.id, TARAKAN – Atlet cabang olahraga layar tengah melakukan training center (TC) sentralisasi di Tanjung Batu, Berau hingga akhir Juni 2024 untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Ketua Porlasi Kaltara, H. Widodo Dwi Santoso mengatakan, pemusatan latihan di Tanjung Batu hanya dilakukan pada Juni saja, sementara untuk Juli, para atlet yang berjumlah 11 orang akan menjalani sentralisasi di Jakarta.

“Pindah ke Jakarta TC-nya, sampai akhir Juli. Lalu Agustus sentralisasi pindah lagi ke Aceh,” katanya, Ahad (23/6/2024).

Baca Juga :  Sebelum Tampil di PON, Cabor Tembak Ikuti Kejurnas di Jakarta

Ia melanjutkan, sentralisasi di Aceh akan berlangsung hingga pelaksanaan PON September mendatang. Widodo menyebut hal tersebut dilakukan untuk menjajal venue pertandingan cabang layar di event olahraga bergengsi itu.

“TC-nya di Aceh nanti langsung di arena lomba. Sebulan di Aceh sampai dengan PON,” lanjutnya.

Pada pelaksanaan TC sentralisasi di bulan pertama, pihaknya menekankan kekuatan fisik untuk latihan para atlet. Selain itu, atlet juga digembleng untuk menguasai taktik dan teknik pertandingan.

“Karena cabang olahraga layar ini 70 persen fisik. Fisik tidak pernah habis, cuma frekuensinya kita turunkan, kemarin 80 persen fisik sekarang 60 persen. Banyak taktik dan strategi di laut sekarang ini,” beber Widodo.

Baca Juga :  Myanmar Ditahan Imbang Laos, Australia Dipastikan Juara Grup B

Adapun nanti untuk taktik dan teknik pertandingan nantinya akan sepenuhnya di fokuskan pada TC di Jakarta. Widodo menyebut, kondisi angin dan laut di Jakarta tak jauh berbeda dengan kondisi di Aceh. Sehingga pengenalan situasi laut saat pertandingan lebih mudah.

“Jadi supaya kita lebih maksimal tampil di Aceh. Kalau Agustus kita pilih Aceh supaya penyesuaiannya enak. Membaca arah angin, arus juga. Sehingga saat bertanding tahu strategi apa yang akan diambil,” jelasnya.

Baca Juga :  Indonesia Berhasil Tumbangkan Kamboja 2-0

Menyoal sarana dan prasarana sendiri, pihaknya tak khawatir lantaran sudah terdapat beberapa sarpras yang sudah ada. Selain itu, pihaknya juga akan menyewa beberapa sarpras untuk pertandingan PON mendatang. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2652 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *