Ajang Uji Coba PON, Kaltara jadi Tuan Rumah Kejurnas Region Kalimantan Putaran 2

benuanta.co.id, TARAKAN – Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalimantan Utara (Kaltara) akan menggelar kejurnas balap motor putaran dua regional Kalimantan pada 6 sampai 7 Juli 2024 di Sirkuit Bumirayu Kilo 9 Kabupaten Bulungan.

Pada kejurnas tersebut, atlet motor asal Kaltara yang berjumlah dua orang juga turut serta sebagai ajang tryout menuju PON XXI Aceh-Sumut.

Ketua Korwil IMI Kaltara, Sulis Krisbowo mengatakan, Kejurnas tersebut sekaligus dirangkai dengan Kejurprov putaran dua Kaltara. Diketahui, Kejurprov putaran satu akan dilangsungkan pada 22 Juni 2024 di Kabupaten Malinau.

“Kejuaraan ini kita gandeng dengan Polda Kaltara, sekaligus memberikan kesan untuk supaya tertib berlalu lintas,” katanya, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga :  Gol Messi dan Alvarez Antar Argentina ke Final Copa America

Dalam kejurnas nantinya, akan diikuti oleh seluruh atlet motor di regional Kalimantan. Sebelumnya, pada kejurnas putaran pertama sudah dilaksanakan di Kalbar. Kini, sesi putaran kedua, Kaltara andil menjadi tuan rumah untuk balap motor.

“Putaran tiga nanti di Kaltim, keempat di Kalteng. Kita dapat seri kedua. Pembalap Kaltara yang ikut PON juga insyaallah akan hadir,” lanjutnya.

Krisbowo melanjutkan, kejurnas ini juga dilakukan untuk ajang uji coba bagi atlet yang lolos ke PON XXI Aceh-Sumut. Terlebih, atlet motor region Kalimantan yang lolos ke PON juga ikut dalam balapan tersebut.

“Banyak pembalap Kalimantan juga yang mengikuti kejuaraan internasional, seperti di Jepang. Tapi sepertinya tidak bertepatan dengan Kejurnas, jadi mungkin akan hadir juga,” tuturnya.

Baca Juga :  Rakor Kontingen, KONI Kaltara Minta Cabor Segera Tuntaskan LPj

Pada Kejurnas ini, ia mewajibkan bagi seluruh atlet motor Kaltara untuk mengikutinya. Apalagi pada putaran pertama, atlet cadangan berhasil unggul. Meski saat itu, atlet utama untuk PON tak dapat hadir lantaran tengah TC di Blitar, Jawa Timur.

Pihaknya terus menggembleng kualitas atlet motor dengan padatnya jadwal tryout. Sebelum Kejurnas nanti, atlet utama PON juga akan mengikuti tryout di Surabaya.

“Nanti habis dari Surabaya, pulang ke Kalimantan untuk ikut Kejurnas, dilanjutkan dengan Kejurprov. Saat ini juga sedang TC di sekolah balap yang ada di Blitar,” sambungnya.

Baca Juga :  Atlet Tunggal Sambo Putri Kaltara Jalani TC Sentralisasi di Jawa Barat

Terdapat empat kelas yang wajib diikuti oleh atletnya yakni kelas expert, novice, rookie, dan beginner. Atlet IMI Kaltara juga sebelum mengikuti oneprix championship yang ditujukan untuk pembalap muda. Beruntung, atlet asal Kaltara meraih juara pada ajang balap motor bergengsi itu.

“Untuk supporting kelas ada 14, ada juga kelas lokal Kaltara yang dibuka nanti,” pungkasnya Krisbowo. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2526 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *