Wakil Bupati Gamalis Apresiasi Kejari Berau Ungkap 16 Perkara TPUL

benuanta.co.id, BERAU – Kejaksaan Negeri Berau lakukan rilis pers tentang tindakan pidana umum terhadap barang bukti yang telah berkekuatan hukum tetap (Inkracht Van Gewijsde), Rabu (19/6/2024) di Kantor Kejari Berau.

Wakil Bupati Berau, Gamalis menghadiri acara ini mewakili Pemkab Berau, hadir pula Kapolres Berau, AKBP Steyven Jonly Manopo dan tamu undangan lainnya.

“Barang bukti yang dimusnahkan merupakan kasus yang telah selesai periode Januari 2024 hingga Juni 2024 dengan total 98 perkara,” kata Wakil Bupati Berau Gamalis Rabu (19/6/2024).

Baca Juga :  Bupati Sri Ingin Masyarakat Tingkatkan Semangat Gotong Royong

Gamalis menyebutkan rincian barang bukti yang dimusnahkan yaitu narkotika sebanyak 48, perkara orang dan harta benda sebanyak 34.

“Kemudian tindak pidana umum dan lainnya (TPUL) 16 perkara, tindak pidana ringan berupa minuman keras sebanyak 716 botol dari 1 perkara dan barang bukti obat-obatan double L sebanyak 16.309 butir dan yarindo 3.057 butir,” bebernya.

Pihaknya mengatakan pemusnahan barang bukti ini sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas Kejari Berau kepada masyarakat. “Saya memberikan apresiasi atas keterbukaan yang telah dilakukan Kejari Berau,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Berau Sambangi Rumah Korban Kebakaran di Kampung Baru

Hal ini menurutnya merupakan upaya perlawanan atas tindak kejahatan dan berharap ada efek jera bagi para pelaku tindak kriminal. “Segala bentuk kejahatan harus kita tindaklanjuti tegas,” ujarnya.

Diakui bahwa Berau berada pada posisi yang cukup rawan karena sebagai pintu masuk barang dan orang.

“Menjadikan Bumi Batiwakkal sebagai lokasi yang berpotensi terjadinya tindak kejahatan, seperti narkoba. Tentu hal ini menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan secara bersama-sama,” jelasnya.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk bisa berkontribusi dalam menumpas kejahatan ini dengan melaporkan hal-hal yang mencurigakan kepada pihak keamanan.

Baca Juga :  Bupati Sri Juniarsih Hadiri Penanaman Tiang Pertama Rumah Adat Dayak Basap Kampung Tubaan

“Ini tugas kita semua. Untuk mendukung keamanan di daerah. Laporkan jika mengetahui, seperti narkoba dan perjudian. Sehingga bisa ditindak secepatnya. Seperti yang kita musnahkan saat ini, perkara narkoba masih cukup banyak,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2685 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *