SMA Negeri 5 Tarakan Dibuka Tahun Ini

benuanta.co.id, TARAKAN – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 akan dibukan tahun ini dan untuk sementara waktu menumpang di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 14, Karang Anyar, Kota Tarakan.

Pembukaan SMA Negeri 5 ini bertujuan untuk menampung anak-anak yang berada di Kelurahan Karang Anyar, Karang Anyar Pantai dan sebagian Karang Harapan. Hal tersebut dikarenakan ketiga kelurahan ini tidak mendapatkan zonasi untuk SMA Negerinya yang ada di Kota Tarakan.

Kepala Cabang Disdikbud Provinsi Kaltara wilayah Tarakan, Mustari mengatakan SMA Negeri 5 Belum memiliki bangunan oleh karena itu untuk proses belajar akan meminjam bangunan SMP Negeri 14 Kota Tarakan.

Baca Juga :  Dukung Ketahanan Pangan, Lantamal XIII Tarakan Panen Raya Serentak

“Sekarang mau ke SMA yang baru, rencana kita akan membuka SMA 5. Cuma karena kita belum punya bangunannya jadi kita menumpang dlu di SMP 14. Kita sudah komunikasikan dengan Pemerintah Kota Tarakan khususnya Disdik Tarakan,” ujarnya.

Ia menerangkan selama ini masyarakat yang bermukim di tiga kelurahan tersebut selalu diberikan zona PHP. Ini dikarenakan jarak untuk SMA Negeri terdekat tidak ada dalam zonasi. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov Kaltara berinisiatif untuk membangun SMA 5 agar ketiga kelurahan ini dapat terakomodir.

Baca Juga :  KPU Kaltara Sebut Persiapan PSU Tarakan Sudah Sesuai Juknis

“Kita lihat nanti, disisi lainkan ada SMK yang tidak berzona. Kita tidak bisa memaksakan anak-anak kita misal mau masuk ke SMA dengan cita-cita mau jadi dokter dll ya lebih baik di SMA. Dengan adanya SMA 5 paling tidak mengurangi anak-anak kita yang mau masuk ke SMA,” jelasnya.

Selain itu, ini juga dikarenakan banyak masyarakat yang lebih memilih SMA Negeri dibandingkan SMA swasta meskipun SMA swasta memiliki daya tampung yang cukup besar.

Baca Juga :  BMKG Prediksi La Nina Terjadi pada Juli Ini

“Kalau untuk daya tampung SMA dan SMK dan swasta dengan lulusan SMP kita masih surplus tetapi kan masyarakat kita selalu mau di negeri. Padahal banyak SMA dan SMK swasta yang memiliki daya tampung yang tidak sedikit,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2526 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. SMAN 5 Tarakan Buka Di Juata Laut Aja pa Karena banyak putra putri dari juata laut yg mau masuk SMA tapi tdk termasuk zonasi sedangkan SMAN 3 Tarakan Tidak termasuk Zonasi Juata Laut kasihan mau ngak mau SMK 3 jadi pelariannya.