Perusahaan Kertas Tarakan Masih Jadi Salah Satu Investasi Terbesar di Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Perusahaan Kertas di Kota Tarakan dan PLTA Kayan, masih jadi salah satu investasi terbesar di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tahun 2024. Selain dua investasi itu, ada juga investasi lainnya seperti Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) dan Perkebunan Sawit.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltara, Ferry Ferdinand Bohoh, ST.,MT mengatakan dua investasi yang disebutkan masih menjadi yang teratas pada tahun ini.

“Karena sudah dikerjakan bebera tahun yang lalu, sehingga realisasi investasinya sudah mulai terhitung. Adapun beberapa investasi yang tidak saya sebutkan, itu karena masih berproses di tahun ini,” kata pria yang akrab disapa Ferry pada Rabu, 19 Juni 2024.

Baca Juga :  Batas Waktu Penyampaian LKPM Diperpanjang hingga 20 Juli

Selain menjadi salah satu realisasi investasi terbesar di Kaltara tahun 2024, rekrontruksi perusahaan kertas itu juga disebutkan akan menyumbangkan banyak penyerapa SDM lokal untuk bekerja. Di mana hal itu dibuktikan dengan adanya penyerapan tenaga lokal saat pembangunan perusahaan kertas berjalan.

“Hal itu salah satu upaya kita juga dalam menanggulangi kemiskinan dan pengangguran di Kaltara, sehingga setiap investasi yang masuk selalu kita tekankan untuk menggunakan SDM lokal kita untuk bekerja,” lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Gelar Rapat Teknis Percepatan Investasi Sistem Desalinasi untuk Empat Pulau di Kaltara

“Selain investasi perusahaan kertas, PLTA Kayan juga sudah menerapkam hal yang sama bahkan warga sekitar juga diserap sebagai tenaga kerja,” imbuhnya.

Selain itu, beberapa investasi di tahun ini juga dibeberkan sedang berjalan seperti investasi desalinasi air dan solar farm di Kaltara.

“Semua masih berproses di tahun ini, untuk investor desalinasi air mereka sudah mengajukan proposal nilai tawarannya kepada kita. Sedangkan untuk solar farm juga di tahun ini akan kita bahas kembali bersama pihak investor,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  DPMPTSP Kaltara Lakukan Pendampingan dan Evaluasi Internal Zona Integritas

Reporter : Osarade

Editor : Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2526 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *