Persiapan PPDB Jenjang SMA dan SMK Sudah Capai 99 Persen

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Utara (Kaltara) mengungkapkan persiapan pembukaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Tarakan sudah mencapai 99 persen.

Kepala Cabang Disdikbud Provinsi Kaltara wilayah Tarakan, Mustari mengungkapkan persiapan PPDB mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) dan tempat telah disiapkan.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Gelar O2SN Tingkat Provinsi untuk Jenjang SD dan SMP di Tarakan

“Panitia sekolah sudah dibentuk untuk PPDB online dan lab-lab untuk verifikasi dokumen juga sudah siap,” ujarnya, Rabu (19/6/2024).

Disinggung mengenai evaluasi dari PPDB tahun sebelumnya dan tahun ini, ia menjelaskan tahun lalu yang menjadi permasalahan PPDB ialah Kartu Keluarga (KK) tempel. Dikatakan Mustari, untuk meminimalisir adanya kejadian tersebut terulang kembali, telah dikeluarkan peraturan Seketaris Jendral Kemendikbud Nomor 47 terkait KK tempel.

Baca Juga :  Gubernur Zainal Minta Peserta O2SN Sportif Bertanding

“Dengan itu bisa teratasi. Mudah-mudahan tahun ini tidak adalagi kita temukan KK tempel,” terangnya.

Terkait kuota sendiri, dapat dilihat dipedoman Disdikbud. Terdapat 12 rombongan belajar (rombel) dikalikan 36 sekolah. Namun, ada beberapa sekolah yang kurang dari 12 rombel. Jumlah rombel tersebut tergantung dari kesiapan dam fasilitas sekolah.

“Tergantung kalau SMA 5 baru hanya 5 (jumlah rombel). SMA 1 12, SMA 2 12 dan SMA 3 10 tergantung kesiapan fasilitas sekolah,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga :  Kota Tarakan Juara Umum O2SN Jenjang SD dan SMP 

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2526 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *