Gol Spektakuler Arda Guler Bantu Turki Menang 3-1 atas Georgia

Jakarta – Arda Guler mencetak gol spektakuler saat membantu Timnas Turki menang 3-1 atas Georgia dalam laga pembukaan Grup F Piala Eropa (Euro) 2024 di Signal Iduna Park, Dortmund pada Selasa malam WIB (18/6).

Turki sempat membuka keunggulan berkat gol Mert Muldur sebelum Georges Mikautadze menyamakan kedudukan di babak pertama.

Turki kemudian berhasil mencetak dua gol lagi di babak kedua melalui aksi Arda Guler dan Kerem Akturkoglu. Kemenangan ini membuat tim berjuluk The Cresent-Star memuncaki klasemen sementara Grup F dengan tiga poin.

Posisi grup masih bisa berubah karena pertandingan Grup F lainnya antara Portugal melawan Republik Ceko baru akan dimulai Rabu dini hari pukul 02.00 WIB.

Jalannya pertandingan

Kedua tim menampilkan permainan menyerang sejak kick-off.

Turki berhasil unggul lebih dulu lewat Mert Muldur pada menit ke-25. Muldur melepaskan tembakan voli setelah memanfaatkan rebound hasil sundulan Lasha Dvali yang coba membuang bola.

Baca Juga :  Uruguay Juara Ketiga Copa America 2024 usai Menang Adu Penalti

Tendangan Muldur meluncur ke pojok kiri gawang Georgia tanpa bisa dijangkau oleh kiper Giorgi Mamardashvili. Turki unggul 1-0.

Semenit kemudian, Baris Yilmaz sukses menggandakan keunggulan Turki. Namun, gol ini dianulir karena Yilmaz dinyatakan offside lewat pantauan VAR.

Georgia mampu bangkit dan menyamakan kedudukan pada menit ke-32 lewat gol Georges Mikautadze.

Gol tersebut bermula dari pergerakan Giorgi Kochorashvili di sisi kiri pertahanan Turki. Dia kemudian lalu mengirim umpan mendatar yang diselesaikan dengan tembakan Mikautadze ke arah tiang dekat. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

Kedua tim tetap memainkan sepak bola menyerang di babak kedua.

Pada menit ke-57, Hakan Calhanoglu memberikan ancaman lewat tendangan bebas. Tendangan gelandang Inter Milan itu mengarah ke gawang, tetapi bisa ditepis dengan satu tangan oleh Mamardashvili.

Turki akhirnya bisa kembali unggul pada menit ke-65 lewat pemain muda sensasional mereka, Arda Guler. Pemain Real Madrid itu mencetak gol lewat tembakan jarak jauh dengan kaki kiri miliknya.

Baca Juga :  Jadwal Main Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Gol ini bermula dari keberhasilan Turki yang bisa merebut bola di pertahanan Georgia. Kaan Ayhan mendapat bola dan memberikannya pada Arda Guler yang langsung melepaskan tembakan jarak jauh ke pojok kanan gawang Georgia. Kedudukan menjadi 2-1.

Gol tersebut juga menjadikan pemain belia pertama yang mencetak gol pada debutnya di Euro sejak Cristiano Ronaldo pada tahun 2004.

Georgia hampir mencetak gol balasan pada menit ke-70. Aksi umpan 1-2 dituntaskan dengan tendangan Kochorashvili ke gawang, tetapi bola membentur mistar.

Aksi saling serang terus berlanjut di antara kedua tim. Baik Turki maupun Georgia juga melakukan sejumlah pergantian pemain sebagai upaya menambah tenaga atau mengubah alur permainan.

Pada menit ke-87, Turki nyaris mencetak gol ketiga lewat kerja sama para pemain pengganti. Umpan silang yang dilepaskan oleh Zeki Celik bisa disundul Yusuf Yazici. Sayangnya masih bisa ditepis oleh Mamardashvili.

Baca Juga :  Final Euro 2024: Trofi Keempat Spanyol atau Piala Perdana Inggris?

Dalam sejumlah kesempatan di masa injury time tersebut, kiper Georgia yaitu Mamardashvili ikut maju meninggalkan gawang yang berujung pada gol ketiga Turki.

Di saat akhir, Mert Gunok bisa meninju bola sepak pojok sehingga Turki punya kesempatan melakukan serangan balik. Kerem Akturkoglu yang mendapat bola langsung berlari kencang ke lini pertahanan Georgia.

Akturkoglu yang baru masuk pertandingan di menit ke-85 tidak bisa dikejar oleh pemain-pemain Georgia. Dia kemudian memasukkan bola ke gawang yang sudah kosong.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan 3-1 Turki atas Georgia.

 

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2526 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *