Atlet Panahan Jalani TC Sentralisasi, Ditangani Pelatih Segudang Prestasi

benuanta.co.id, TARAKAN – Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kalimantan Utara (Kaltara) telah menggelar training center (TC) sentralisasi persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut pada Juni ini di Yogyakarta, Jawa Tengah.

Ketua Perpani Kaltara, Steve Singgih Wibowo mengatakan, keseluruhan atletnya sudah berangkat menuju Yogyakarta sejak awal Juni lalu hingga Agustus mendatang.

“Langkah ini kita lakukan agar atlet bisa berlatih dengan suasana baru setelah selama ini latihan hanya di Kaltara. Nantinya ditangani pelatih yang memiliki segudang prestasi saat menjadi atlet sehingga diharapkan bisa memantapkan persiapan menuju PON,” katanya, Rabu (19/6/2024).

Baca Juga :  Atlet Tunggal Sambo Putri Kaltara Jalani TC Sentralisasi di Jawa Barat

Selain TC Sentralisasi, pihaknya akan mengikutkan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Yunior di Batam untuk uji coba kemampuan dan mental atlet sebelum berlaga di PON. Dengan menggelar pemusatan latihan terpusat di luar Kaltara, Steve berharap panahan bisa meraih prestasi di PON Aceh – Sumut.

“Kita targetkan anak didik kita mempertahankan capaian di kualifikasi PON tahun lalu. Paling tidak bisa kita pertahankan medali emas dan juara tiga,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelatih Tim PON Perpani Kaltara, Andi Prasetyo mengatakan, untuk TC Sentralisasi dibagi menjadi tiga yakni persiapan umum, persiapan fisik dan perbaikan teknik.

Baca Juga :  Uruguay Juara Ketiga Copa America 2024 usai Menang Adu Penalti

“Dari 3 bulan sentralisasi ini. Jadi nanti Sentralisasi bulan pertama ini banyak menembak untuk meningkatkan dan memantapkan fisiknya juga,” katanya.

Pada bulan kedua Sentralisasi, ia akan menggembleng atletnya untuk mengikuti pra kompetisi. Pihaknya memfokuskan atlet untuk lebih sering sparing dan mengikuti, tryout serta pemusatan pelatihan daerah (Pelatda) di Jawa Tengah.

“Bulan Agustus nanti sudah pemantapan semua. Dari peralatan, latihan mental juga karena menjelang PON kan,” imbuhnya.

Adapun 5 atletnya yang terdiri dari empat putra dan satu putri juga sudah mengikuti karantina sejak awal Juni lalu. Pada Juni ini, ia menargetkan 90 persen atlet panahan yang lolos ke PON sudah siap dalam segi fisik.

Baca Juga :  Gol Jefferson Lerma bawa Kolombia ke Final untuk Tantang Argentina

“Jadi nanti persiapan khusus untuk Juli tidak kesulitan untuk akselerasi dan akurasi mereka,” pungkasnya.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2525 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *